logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC, Kota Belimbing logodepokPertanyaan, saran dan konfirmasi mengenai pengaduan terkait Penerimaan CPNSD Depok TA. 2014 dapat menghubungi BKD dengan email: bkd@depok.go.id Telp. 021-29402279 logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Penerapan e-KTP di Depok

Berdasarkan Surat Edaran No. 471.13/4141/SJ tanggal 13 Oktober 2010 tentang Penerbitan NIK dan Persiapan e-KTP 2011, Kota Depok ditunjuk untuk dapat melaksanakan penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK) 2010 dan penerapan e-KTP tahun 2011. Demikian dikemukakan Yulistiani Mochtar Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Depok di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

“Kota Depok termasuk 16 kabupaten/kota se Jawa Barat yang ditunjuk dalam penerbitan NIK 2010, dan 11 kabupaten/kota se Jawa Barat dalam penerapan e-KTP tahun 2011” ujarnya.

Dijelaskannya, e-KTP atau KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) adalah KTP yang memiliki spesifikasi dan format KTP Nasional dengan sistem pengamanan khusus yang berlaku sebagai identitas resmi dan dapat diakses secara nasional.

Dalam e-KTP dilengkapi “CHIP” atau rekaman elektronik yaitu alat penyimpan data elektronik penduduk yang dapat dibaca secara elektronik dengan alat pembaca dan sebagai pengaman data kependudukan. Selain itu dalam e-KTP juga terdapat kode keamanan berupa alat identifikasi jati diri yang menunjukan identitas diri penduduk secara tepat dan akurat sebagai autentikasi diri yang memastikan dokumen kependudukan sebagai milik orang tersebut yaitu melalui scan 10 sidik jari dan scan tanda tangan.

Tujuan e-KTP kata Yulis Pertama agar terbangunnya database kependudukan yang akurat di tingkat Kab/Kota, Provinsi dan Pusat. Database kependudukan Kab/Kota tersebut tersambung (on-line) dengan Provinsi dan Pusat dengan menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Kedua agar  tertib penerbitan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Dan ketiga tertib dokumen kependudukan (KK, KTP, Akta Pencatatan Sipil).

Lebih lanjut, manfaat e-KTP bagi masyarakat dan negara adalah sebagai sarana untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi masyarakat. Selain itu untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yg akurat, khususnya yg berkaitan dengan data penduduk wajib KTP yang identik dengan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), sehingga DPT Pemilu yg selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi, sehingga semua WNI yang berhak memilih terjamin hak pilihnya.

Manfaat E-KTP lainnya dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP ganda & KTP palsu, dimana selama ini para pelaku kriminal termasuk teroris selalu menggunakan KTP ganda dan KTP palsu. Selain itu e-KTP merupakan KTP Nasional yg sudah memenuhi semua ketentuan yg diatur dalam UU No. 23 Thn 2006 & Perpres No.26 Thn 2009, sehingga berlaku secara Nasional. Dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.

Dalam penerapan e-KTP di Depok, kata Yulis, saat ini pihak pemkot Depok sedang menunggu 11 set peralatan dari Kementerian Dalam Negeri.  Peralatan itu akan diserahkan di setiap kecamatan. Adapun alat tersebut terdiri dari 2 unit Komputer, 2 unit Foto, 2 unit scan sidik jari, 2 unit scan tanda tangan dan 1 unit server. Selain itu, Disdukcapil Depok akan mengirimkan 44 tenaga operator KTP tersebut untuk mendapatkan pelatihan ketrampilan e-KTP di Kemendagri.

“ Setelah penerbitan NIK selesai dan peralatan datang dan terpasang di Depok, kami akan menggelar perekaman data penduduk di Kota Depok, yang diperkirakan akan digelar bulan Juni mendatang” jelas Yulis.

Menurutnya, dalam perekaman data itu warga Depok diundang ke kecamatan secara bergiliran untuk di foto, scan sidik jari dan scan tanda tangan. Data yang sudah terekam itu kemudian diserahkan pada Kemendagri untuk dicetak e-KTP. Setelah e-KTP jadi, maka warga masyarakat dapat menukarkan KTP yang lama dengan e-KTP di Disdukcapil

Yulis berharap agar penerapan e-KTP tersebut dapat terealisasi pada tahun 2011. Dan masyarakat Depok tidak perlu panik dan khawatir dengan e-KTP tersebut, karena KTP yang saat ini masih berlaku penggunaannya.

552 Total Views 2 Views Today
Tags: , , ,
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

56 komentar

  1. Call Center

    kepada sdr bayu yth
    terimakasih atas partisipasinya dalam website pemkot depok

    untuk perekaman jika tdk ada dlm list kelurahan nya, bisa datang ke kelurahan lain yg masih dalam 1 kecamatan. dan tdk ada dikenakan biaya apapun untuk perekamannya.
    berikut kelurahan yg masih 1 kecamatan dengan kelurahan sukatani:
    KECAMATAN TAPOS (Jl. Raya Tapos)
    1. Kelurahan Tapos (Jl. Raya Tapos)
    2. Kelurahan Leuwinanggung (Jl. Raya Leuwinanggung)
    3. Kelurahan Sukatani (Jl. Gas Alam)
    4. Kelurahan Sukamaju Baru (Gg Nangka)
    5. Kelurahan Jatijajar (Perum Jatijar)
    6. Kelurahan Cilangkap (Jl. Lurah Ripan Kel Cilangkap RT 1)
    7.kelurahan cimpaeun (Jl. Raya Cimpaeun, gg kirai)

    Semoga informasi ini dapat bermanfaat
    terima kasih
    callcenter

  2. Saya baru pindah dari bogor ke Depok
    Untuk pembuatan ktp Depok apakah benar dikenakan biaya 100 ribu per kepala?
    Kenapa ada biaya? Dan kenapa besar sekali nominalnya?

  3. Call Center

    kepada sdr satriyo yth

    Perda No. 8 Tahun 2012 Bab IV tentang biaya pembuatan KTP bagi bukan warga domisili dikenakan Rp 100 ribu perorang.

    terima kasih

  4. Salaam,

    KTP saya habis masa berlakunya bulan Mei kmrn. Karena saya bekerja di luar negeri maka baru bisa memperpanjang ketika cuti ke indonesia pekan depan. Saya tinggal di telaga golf sawangan. Mohon diinformasikan syarat2 untuk perpanjangan ktp yg sudah habis masa berlakunya. Terima kasih. #forbetterdepok

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*