PRESS RELEASE
HUMAS DAN PROTOKOL KOTA DEPOK, 1 November 2010

Sebagai wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kelestarian flora dan fauna, pada tahun 1993 Presiden Soeharto mengeluarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 4 yang menetapkan bahwa setiap tanggal 5 November akan diperingati sebagai Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN). Hari ini (1/11), H. Nur Mahmudi Isma’il secara simbolis melepas burung dan menanam pohon dalam memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tingkat Kota Depok Tahun 2010 di mall Depok. Peringatan yang mengangkat tema “Lestarikan Puspa dan Satwa, demi Masa Depan Bumi Kita” digelar oleh Fakultas Teknik Industri Gunadarma yang didukung oleh Badan Lingkungan Hidup Kota Depok. Hadir dalam acara Dinas Pertanian Kota Depok, Wakapolres Depok, Dandim 0508, Kajari Depok, Pudek III Universitas Gunadarma, Muspida Kota Depok, Pimpinan OPD dan Camat Se-Kota Depok, Ketua BEM Gunadarma Kota Depok, Pimpinan Bank Jabar Banten Kota Depok, para Kepala Sekolah dan Lembaga Pendidikan di Kota Depok serta aktivis lingkungan di Kota Depok, dan para siswa dari SMP 1, SMP 11, SMP 10, dan Sekolah Alam Semut.

Hari Cinta Puspa dan Satwa sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam menyadarkan, memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan perlunya menjaga kelestarian flora (Puspa) dan fauna (Satwa). Untuk melestarikan keanekaragaman hayati, dianjurkan di setiap Kecamatan membangun Taman Keanekaragaman Hayati Lokal (TKHL), untuk melindungi keanekaragaman hayati endemik lokal dari kepunahan. Sebagian besar pencemaran udara bersumber dari gas buang kendaraan bermotor, aktivitas industri, perkantoran dan rumah tangga. Pembangunan taman tersebut diharapkan dapat menjadi paru-paru Kota agar penduduk memperoleh udara segar dan dapat hidup sehat. Selain itu agar masyarakat Depok dapat memelihara kearifan tradisional, berupa kekayaan pengetahuan lokal atas pemanfaatan keanekaragaman hayati dan konversinya.

Walikota mengatakan Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional ini diharapkan dapat mewujudkan kepedulian dan rasa cinta terhadap satwa dan bunga pada umumnya, dikalangan segenap lapisan masyarakat, dan meningkatkan perlindungan serta upaya pelestarian ekosistem, habitat dan populasinya. “Saya atas nama Pemerintah Kota Depok memberikan apresiasi kepada BEM Universitas Gunadarma yang bekerjasama dengan Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, atas peran sertanya dalam pelestarian lingkungan melalui kegiatan Go Green berupa aksi peduli lingkungan penyerahan tempat/ tong sampah, Green Bag serta Masker bagi warga Depok. Tidak lupa kepada seluruh pihak (Mall Depok, Aktivis Lingkungan, Pengusaha, Pelajar) yang terlibat dan peduli terhadap lingkungan kota Depok yang kita cintai sebagai bagian upaya kita meraih Adipura menuju Depok Kota bersih dan bebas sampah” tutup Walikota yang diakhiri dengan pemberian piagam penghargaan dari Pemerintah yang telah membantu menjaga kebersihan lingkungan dan penghijauan kepada Ketua Bem Gunadarma, Aktivis Lingkungan, dan Nurul Fikri.

KEPALA BAGIAN HUMAS DAN PROTOKOL
SETDA KOTA DEPOK

HANI HAMIDAH, S.Sos. M.Si
PEMBINA
NIP. 19630627 198409 2 001