DSC01370

Badan Kepegawaian Daerah Kota Depok dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Depok Nomor 06 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah Nomor 08 Tahun 2008 tentang Organisasi Perangkat Daerah. Selama kurang lebih 2 (dua) tahun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Depok berdiri, maka telah dilakukan evaluasi terhadap  efisiensi dan efektivitas dalam melaksanakan tugas dan fungsi para aparatur.

Berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh Bagian Organisasi dan Tatalaksana Setda Kota Depok bersama BKD, bahwa Bidang Pendidikan & Pelatihan dan Pengembangan Karier pada BKD memiliki beban tugas yang terlalu besar yaitu menangani masalah kediklatan baik diklat struktural, diklat fungsional, diklat teknis, bintek, dan lain-lain kediklatan. Juga menangani masalah pembinaan dan disiplin pegawai, serta menagani masalah pengembangan karier pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Depok.

Untuk itu maka Bidang Pendidikan dan Pelatihan dan Pengembangan Karier dirubah fungsinya menjadi Bidang Pendidikan dan Pelatihan, dengan tujuan agar penanganan peningkatan SDM Aparatur khususnya para Pejabat Fungsional termasuk para Guru dan Tenaga Medis lebih fokus. Dan sebagai pengembangan Bidang Diklat dan Bangrier juga dibentuk Bidang Pembinaan dan Disiplin Pegawai, dimaksudkan agar penanganan pembinaan dan disiplin Pegawai lebih profesional.

Rencana perubahan Struktur BKD tersebut sudah diusulkan dalam Rencana Perubahan Ketiga Perda Kota Depok Nomor 08 Tahun 2008 dan pembahasannya langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Depok Bapak Drs. Rintis Yanto, MM. Lebih lengkapnya Draft Struktur Organisasi BKD Kota Depok hasil evaluasi sebagai berikut :

Struktur lama :

  1. Kepala Badan
  2. Sekretariat, terdiri dari :
    1. Sub Bagian Umum dan Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan
    2. Sub Bagian Keuangan
  3. Bidang Pendidikan Latihan dan Pengembangan Karier, terdiri dari :
    1. Sub Bidang Pendidikan dan Latihan
    2. Sub Bidang Pengembangan Karier
  4. Bidang Umum Kepegawaian, terdiri dari :
    1. Sub Bidang Data dan Informasi Pegawai
    2. Sub Bidang Analisa dan Kesejahteraan Pegawai
  5. Bidang Mutasi, terdiri dari :
  6. Sub Bidang Pengadaan dan Mutasi
  7. Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun

 

  1. Unit Pelaksana Teknis;

 

Struktur baru :

  1. 1.    Kepala Badan;
  2. 2.    Sekretaris, terdiri dari :
    1. Sub Bagian Umum, Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan;dan
    2. Sub Bagian Keuangan.
    3. 3.    Bidang Data dan Administrasi Kepegawaian, terdiri atas
      1. Sub Bidang Data dan Formasi Pegawai;
      2. Sub Bidang Kelengkapan Administrasi Kepegawaian.
      3. 4.    Bidang Pendidikan dan Pelatihan, terdiri dari :
        1. Sub Bidang Diklat Struktural dan Teknis;dan
        2. Sub Bidang Diklat Fungsional.
        3. 5.    Bidang Pengembangan Karier, terdiri dari
          1. Sub Bidang Mutasi;dan
          2. Sub Bidang Kepangkatan dan Pensiun.
          3. 6.    Bidang Pembinaan dan Disipln Pegawai, terdiri dari
            1. Sub Bidang Pembinaan Pegawai;dan
            2. Sub Bidang Disiplin Pegawai.

 

  1. Unit Pelaksana Teknis;