Bank Jabar Banten(BJB) Cabang Depok, terus meningkatkan produk perbankan terhadap sektor Usaha Kecil Micro dan Menengah (UMKM). Selama ini sektor UMKM di Kota Depok dinilai prospektif untuk dilakukan pembinaan.

Kepala BJB Cabang Depok, Wawan Indrawan mengatakan, UMKM merupakan sektor yang patut mendapat perhatian dari perbankan. Pasalnya, selama ini sektor tersebut mampu eksis dengan berbagai terpaan krisis ekonomi yang saat ini terjadi.

“Ini juga sesuai dengan komitmen BJB untuk jadi penggerak ekonomi masyarakat melalui jalinan usaha kemitraan,” ungkapnya.

Wawan sapaannya menuturkan, kemitraan yang dibangun harus dilakukan dengan upaya meningkatkan pengembangan usaha yang ada. Senigga, pembinaan yang diberikan bukan menjadi beban terhadap UMKM itu sendiri. Demikian juga dengan bantuan modal yang diberikan, mengupayakan kredit bunga yang diberikan rendah dan terjangkau. Bahkan, jika memungkinkan, dilaksanakan juga pembinaan pemasaran.

“Pemasaran produk UMKM selama ini biasanya terhalang kendala, salah satunya pemasaran,” ujarnya. Terpisah, Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail mengungkapkan, sektor UMKM memang butuh perhatian dari kalangan perbankan. Namun, bantuan yang diberikan tak sekedar menyalurkan kredit. Tapi, melakukan kemitraan yang saling menguntungkan untuk tumbuh besar secara bersama. Karena biasanya kendala UMKM tidak sepenuhnya dari permodalan, tetapi manajerial dan pemasaran.

“Makanya kerja sama yang dilakukan yaitu sifatnya kemitraan, hal itulah yang dapat meningkatkan para pelaku usaha yang berada dibawah naungan UMKM,” pungkas Walikota.