PRESS RELEASE

PENYERAHAN BEASISWA JAMSOSTEK TAHUN 2011

BAGIAN DARI PENGANUGERAHAN REKOR MURI

KEPADA PT JAMSOSTEK ( PERSERO )

TANGGAL 2 MEI 2011

Pada hari ini tanggal 2 Mei 2011, penyerahan beasiswa Jamsostek dilaksanakan secara serentak di 121 Kantor Cabang PT. Jamsostek (Persero) terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Pelaksanaan secara serentak ini juga tercatat sebagi REKOR DUNIA menurut Museum Rekor Dunia Indonesia ( MURI ), dengan total penyerahan kepada 12.250 anak senilai Rp. 29,4 Miliar. Penyerahan anugerah itu dilaksanakan pada upacara Peringatan Pendidikan Nasional di Kementerian Pendidikan Nasional dan, Menteri Tenaga Kerja dan Transimigrasi.

Pemberian Beasiswa ini merupakan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, khususnya tenaga kerja. Program ini sejak tahun dianggarkan oleh PT. Jamsostek dalam Dana Peningkatan Kesejahteraan Peserta (DPKP) Tidak Bergulir. Menurut Kepala Kantor PT. Jamsostek (Persero) Cabang Depok,  S. Agung Dumadi, jumlah penerima dan nilai beasiswa yang diberikan melalui Kantor Cabang Depok setiap tahun meningkat (sebagaimana tabel terlampir).

PT. Jamsostek Kantor Cabang Depok pada tahun 2011 ini akan menyalurkan beasiswa Jamsostek kepada sekitar 136 anak Tenaga Kerja Peserta program Jamsostek dengan nilai keseluruhan Rp. 274.200.000,- ( dua ratus tujuh puluh empat juta dua ratus ribu rupiah ). Pada tahun ini penyerahannya dilakukan di Ruang rapat BAPPEDA Kota Depok. Penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok dan Kepala Kantor PT. Jamsostek ( Persero ) Cabang Depok .

Bagi anak yang bersekolah tingkat Sedkolah Dasar ( SD ) dan Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) masing-masing mendapatkan Rp. 1.800.000,- ( satu juta delapan ratus ribu rupiah ) selama satu tahun. Sedangkan untuk Tingkat SekolahMenengah Atas dan Perguruan Tinggi memperoleh Rp. 2.400.000,- ( dua juta empat ratus ribu rupiah ).

Tujuan pemberian Beasiswa ini untuk membantu meringankan tenaga kerja peserta Jamsostek dalam membiayai pendidikan anak-anaknya. Perlu diketahui bahwa pemberian beasiswa ini dilakukansecara selektif kepada perusahaan yang telah menjadi peserta program Jamsostek dan secara tertib melaporkan data tenaga kerja serta upahnya. Sehingga program ini juga memberikan manfaat tambahan bagi peserta program jamsostek sesuai kriteria tersebut.  Sedangkan tenaga kerja diseleksi sendiri oleh perusahaan-perusahaan peserta.

Anak – anak yang memperoleh beasiswa Jamsostek adalah anak–anak yang berprestasi di sekolahnya masing-masing. Sehingga beasiswa ini juga merupakan penghargaan atas kesungguhan dan keuletan mereka dalam mencari ilmu. Bagi anak-anak yang mampu mempertahankan nilai rata-ratanya lebih dari 8,00 maka setiap tahun dapat di ajukan untuk diberikan beasiswa.