Pada awal pendiriannya di tahun 2008, RSUD Depok merupakan Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) yang masih di bawah naungan Dinas Kesehatan Kota Depok. Mulai pertengahan tahun 2008 hingga saat ini RSUD Kota Depok telah berubah status menjadi Rumah Sakit Umum Daerah Kota Depok Tipe C.

Rumah Sakit Tipe C adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokeran spesialis terbatas. Rumah sakit ini didirikan disetiap ibukota Kabupaten (Regency hospital) yang menampung pelayanan rujukan dari puskesmas.

“Kami bersyukur, sejak RSUD berdiri sudah ditetapkan kelas C oleh Departemen Kesehatan. Hingga tidak terlalu jauh untuk mengejar menjadi rumah sakit tipe B. Karena harapannya di tahun 2011-2012, RSUD Depok berubah menjadi rumah sakit tipe B Pendidikan” kata dr Sity Kunarisasi MARS Direktur RSUD Kota Depok, di kantornya, Selasa (31/8)

Dijelaskannya, latar belakang untuk menjadi rumah sakit B Pendidikan adalah karena kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas rumah sakit yang lebih baik dan lebih lengkap. Selain itu, dengan melihat letak geografis bahwa lokasi RSUD Depok berdekatan dengan institusi pendidikan bidang kesehatan,kedokteran, kebidanan dan keperawatan.  Yaitu UI, Gunadarma dan berbagai akademi profesi kesehatan.

Rumah Sakit Tipe B adalah rumah sakit yang mampu memberikan pelayanan kedokteran spesialis yaitu 4 jenis medik spesialistik ditambah dengan 6 bagian medic spesialistik, 6 spesialis penunjang serta layanan medik sub spesialistik.

“Karena menjadi Rumah Sakit Tipe B Pendidikan, maka rumah sakit ini akan menjadi tempat pendidikan bagi para tenaga medis mahasiswa/mahasiswi Universitas Indonesia atau sekolah lainnya, serta akademi keperawatan negeri maupun swasta yang berada di Kota Depok. Rumah sakit ini merupakan pusat utama penggodokan pendidikan dokter” ungkap ibu yang biasa dipanggil dr Kun ini.

Sejalan dengan itu, RSUD Kota Depok berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanannya, salah satunya yaitu dengan menyediakan tempat tidur dengan kapasitas antara 250-300. Selain itu, RSUD Kota Depok juga berusaha menjadi Rumah Sakit Rujukan bagi wilayahnya maupun wilayah sekitarnya seperti Bogor dan Tangerang.

”Kami mohon doa dari seluruh masyarakat Kota Depok, agar rencana dan harapan kami bisa segera terlaksana dengan baik. Dan pada akhirnya RSUD Kota Depok dapat memfasilitasi setiap kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang lebih baik dan berkualitas” katanya.