Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Selasa, 3 Juli 2012

Pelantikan 24 pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Depok oleh Ketua 1 Bidang Organisasi YKI Pusat Ibu Murniati Widodo dilaksanakan di Aula Lt.1 Balaikota, Selasa (3/7). Pelantikan yang didasari oleh SK YKI Pusat No: 214/SKCab/YKI/V/2012 tertanggal 8 Mei 2012 yang ditetapkan di Jakarta disaksikan oleh Walikota H. Nur Mahmudi Isma’il yang juga Pelindung YKI Kota Depok, para Kepala OPD, dan YKI Pusat. YKI Cabang Depok diketuai oleh Hj. Nur Azizah.

Ibu Murniati mengucapkan selamat berkarya dan mengabdi kepada para pengurus YKI Cabang Depok Periode 2011-2016, dan yakin YKI Cabang Depok bisa terus maju dan berperan penting dalam memberikan pelayanan dan pengetahuan kanker di Kota Depok. Murniati juga menghaturkan terima kasih kepada pengurus YKI periode sebelumnya atas kontribusi dan kinerjanya.

Senada, Walikota juga haturkan terimakasih atas yang telah dilakukan pengurus YKI periode sebelumnya karena telah melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat preventif, promotif, dan suportif dalam upaya untuk memberikan pengetahuan dan pencegahan masalah kanker, terutama kanker serviks. Karena Indonesia potensial untuk menjadi penderita kanker serviks didunia.

Dalam kesempatan itu, Walikota menginformasikan 4 pola hidup untuk mencegah kanker menurut WHo: yaitu (1) Tidak boleh merokok (2) Konsumsi makanan sehat (3) Tingkatkan aktivitas olahraga (4) Tidak mengkonsumsi alkohol. “Ada 3 cara untuk hidup sehat yang juga bisa mencegh kanker: (1) Tidak boleh merokok (2) Membiasakan hidup bersih/PHBS (3) Menerapkan pola makan yang sehat, karena hampir semua jenis kanker disebabkan karena makanan” tutur Walikota yang menambahkan iringin semuanya dengan olahraga.

“Terimakasih kepada YKI Periode sebelumnya yang telah memberikan kontribusi pencegahan dan pencerahan serta menjalin kerjasama sebagai upaya untuk menekan angka penderita kanker. Selamat bekerja, Semoga Pengurus YKI yang baru bisa semakin solid, kokoh, dan tercerahkan sesuai dengan visi misinya” tutup Walikota sekaligus menghimabu kepda YKI, FKDS, Dinkes, dan para pemerhati kesehatan untuk bertekad bersama melakukan survei kepada perokok sebagai tanda kepedulian dan ketaatan para perokok untuk menjalankan Surat Edaran tentang larangan merokok ditempat umum serta meminta komitmen dari para perokok kapan mau berhenti merokok, karena berhenti merokok harus dengan jihad.

Pelantikan diakhiri dengan seminar kanker paru yang mengusung tema ‘Hidup Sehat Tanpa Rokok, Mencegah Kanker Paru’ dengan narasumber dr Diana Papayungan, SpKj dan dr Anna Rozaliyani SpP. (ols)