logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC, Kota Belimbing logodepokPertanyaan, saran dan konfirmasi mengenai pengaduan terkait Penerimaan CPNSD Depok TA. 2014 dapat menghubungi BKD dengan email: bkd@depok.go.id Telp. 021-29402279 logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Pembuatan KTP, Kartu Keluarga, dan Akte Kelahiran Gratis

Pemerintah kota Depok menggratiskan pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Akte kelahiran masyarakat Depok. Selain tidak dikenakan biaya, masyarakat Kota Depok saat ini mendapatkan lebih kemudahan dengan adanya  pelayanan pemerintah seperti  pembuatan KTP, KK dan Akte Kelahiran. Terlebih lagi dengan adanya Mobil KTP Keliling, masyarakat menjadi lebih dekat dan mudah dalam mengurus administrasi dasar warga.
Seperti yang diutarakan oleh Dirun Warga KP. Bojong Lio RT. 01 RW.028 Sukamaju Depok timur, saat ditemui di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kamis (4/3). “Dulu yah saya sulit untuk mengurus surat-surat seperti Akte  Kelahiran dan Kartu Keluarga namun sekarang tidak lagi, contohnya saat saya buat KTP di Mobil KTP Keliling, itu  benar-benar mudah prosesnya. Kita hanya cukup membawa surat pengantar dari RT, RW dan  KTP asli yang telah habis masa berlakunya,  kemudian daftar ke petugas, difoto  maka KTP langsung jadi,” terang Dirun.  Namun Dirun tetap berharap agar pelayanan Disdukcapil dapat terus ditingkatkan.
Senada dengan Dirun, Ketua Komisi A DPRD Depok Qurtifa Wijaya juga mengakui bahwa pelayanan yang dilakukan Disdukcapil memang semakin membaik.” Yah sudah ada yang meningkat, dan saya harap bisa teruskan sehingga pelayanan dasar ini bisa optimal,”terangnya.
Menurut Ketua komisi A DPRD Depok, harapan masyarakat akan terealisasikan. Berkaitan dengan kesiapan menerapkan pembuatan KTP on line yang akan terjadi di tahun 2010.  Sebanyak 38 kelurahan akan beroperasi untuk pembuatan KTP online tersebut.
Sementara itu Kepala Dinas Disdukcapil Mulyanto menegaskan, “yang perlu diingat Pembuatan KK, KTP dan Akte Kelahiran itu gratis, tidak dikenakan biaya sedikit pun”. Kecuali jika terdapat keterlambatan khususnya dalam pembuatan Akte Kelahiran maka akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah.(ASP)
Tags: , , ,
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

165 komentar

  1. Call Center

    kepaa sdr nora yth

    jika sdh melakukan perekaman e-ktp silahkan lakukan pengecekan status e-ktp nya dgn format sms ketik NIK#(masukkan nomor nik) dan kirim ke 0821-11014433 nanti akan mendapatkan balasan mengenai status e-ktp sdr nora. mengenai KTP sdr nora yg sdh habis masa berlakunya mohon diperpanjang terlebih dahulu, krn nnti ktp yg msh berlaku akan ditukar dengan e-ktp nya jika sdh jadi. info lengkap silahkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil/Disdukcapil ( Gedung Dibaleka II Komplek Balaikota Depok Lantai 2, Jl. Margonda Raya No. 54 Depok, Telp.(021) 29402262 ) atau callcenter pemkot depok 500664.

    terima kasih

  2. Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok

    Apakah persyaratan pembuatan KK dan KTP baru tidak sama dengan kota-kota yang lain…??
    Saya warga pindahan dari luar kota dan ingin membuat KK dan KTP baru kota Depok, dan saya sudah mencabut data kependudukan saya dari kota yang lama dan dtujukan ke alamat sekarang (KTP lama telah diambil dinas kependudukan kota yang lama) tetapi mengapa dalam pengurusan pembuatan ini saya mendapat kendala di kelurahan saya sekarang dengan menanyakan kembali KTP asli saya yang lama. Apakah memang diminta KTP asli saya yang lama…???? Mohon bantuan dan penjelasannya. Terimakasih….

  3. Call Center

    kepada sdr robby yth

    Untuk proses pengurusan Surat Pindah datang bapak dapat langsung datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok Gedung Balaikota DiBaleka II Lantai 1 Depok Jl. Margonda Raya No. 54, Ruang Pelayanan Lantai I, dengan membawa Surat Keterangan Pindah Asli dari Disdukcapil Kota Asal dan KTP/e-KTP asli ( jika ditarik di Disdukcapil Kota Asal ) maka mohon dibuat Surat Pernyataan diatas materai Rp. 6000 yang menyatakan bahwa KTP/e-KTP dan KK asli telah ditarik oleh Disdukcapil Kota asal. Untuk Proses penyelesaian layanan laporan surat pindah dapat ditunggu. Semoga informasinya dapat membantu.

    Best Regard’s,

    Disdukcapil Depok

  4. dari yang saya baca, syarat untuk pembuatan KK salah satunya adalah akte kelahiran, sementara syarat untuk pembuatan akte kelahiran salah satunya adalah nama anak sudah tercantum dalam KK baru.
    jadi apa yang harus di buat dulu, KK atau akte kelahiran.
    mohon penjelasannya.
    terima kasih.

  5. Call Center

    kepada sdr ronny yth

    Penerbitan KK baru bagi penduduk
    -Surat Pengantar RT/RW;
    -Izin Tinggal Tetap bagi Orang Asing;
    -Fotokopi atau menunjukkan Kutipan Akta Nikah / Kutipan Akta Perkawinan;
    -Surat Keterangan Pindah / Surat Keterangan Pindah Datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia; atau
    -Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi Warga Negara Indonesia yang datang dari luar negeri karena pindah.

    dasarnya membuat akta kelahiran adalah memasukkan dahulu anak bapak yg baru lahir utk mendapatkan NIK kota depok, nanti akan dicetakkan KK baru nya dgn menambahkan anak bapak.

    Mulai tanggal 1 Oktober 2014, Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2013 dapat dibuat berdasarkan Azas Domisili. Akte kelahiran dapat dibuat didepok dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Bapak bisa mengajukan permohonan baru untuk pembuatan akta kelahiran dengan persyaratan sebagai berikut :

    1. Isi Formulir Permohonan Bermaterai Rp. 6000 ( form dapat di download di sini)
    2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan/Dokter/RS./Surat Pernyataan Kelahiran dari YBS
    3. Domisili Depok
    4. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
    5. FC. KTP Orang Tua
    6. FC. KK Orang Tua yang sudah tercantum nama anaknya.
    7. FC Surat Nikah/Akta Perkawinan catatan Sipil Legalisir ( KUA Kecamatan Tempat Domisili ) Ybs
    8. FC KTP saksi 2 orang ( untuk saksi harus selain orang tua anak dan hadir pada saat pendaftaran )

    Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan Akta Kelahiran TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Demikian jawaban dari kami. Terima kasih semoga informasinya membantu.

    Best Regard’s,

    Disdukcapil Depok

  6. Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok
    Mohon informasinya kenapa Nomor KK saya tidak terdaftar pada saat saya melakukan pendaftaran Online BPJS, berikut nomor KK saya 3276041703080026 dan antara NIK di E-KTP berbeda dengan NIK di KK.

    Terimakasih.
    Jaelani.

  7. Jadi mana duluan yg di urus? KK atau Akta Kelahiran?

  8. Call Center

    kepada sdr anisa yth

    Pada dasarnya membuat akta kelahiran adalah memasukkan dahulu anak yg baru lahir utk mendapatkan NIK kota depok, nanti akan dicetakkan KK baru nya dgn menambahkan nama anaknya.

    Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan Akta Kelahiran TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Demikian jawaban dari kami. Terima kasih semoga informasinya membantu.

    Best Regard’s,

    Disdukcapil Depok

  9. Call Center

    Kepada Yth.
    Sdr. Jaelani,
    Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas partisipasinya, berkenaan dengan permasalahan Bapak sampaikan, dapat diinformasikan sebagai berikut :
    – Bahwa dalam proses perubahan perubahan NIK dari lokal menjadi NIK nasional, terjadi pergeseran NIK khususnya di angka/digit terakhir,
    – Agar NIK yang tertera pada KTP dan KK sama, Bapak dapat mengajukan permohonan cetak KK ke Kantor Kelurahan setempat, dengan membawa Surat Pengantar RT/RW dan KK asli yang lama.
    – Sehingga permasalahan yang berkaitan pendaftaran BPJS Kesehatan juga terselesaikan.

    Demikian penjelasan kami semoga dapat membantu, dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

  10. Kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok
    Mohon informasinya kenapa Nomor KK saya tidak terdaftar pada saat saya melakukan pendaftaran Online BPJS, berikut nomor KK saya 3276010210140020

  11. Call Center

    kepada sdr ronald yth

    Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas partisipasinya, berkenaan dengan permasalahan Bapak sampaikan, dapat diinformasikan sebagai berikut :
    – Bahwa dalam proses perubahan perubahan NIK dari lokal menjadi NIK nasional, terjadi pergeseran NIK khususnya di angka/digit terakhir,
    – Agar NIK yang tertera pada KTP dan KK sama, Bapak dapat mengajukan permohonan cetak KK ke Kantor Kelurahan setempat, dengan membawa Surat Pengantar RT/RW dan KK asli yang lama.
    – Sehingga permasalahan yang berkaitan pendaftaran BPJS Kesehatan juga terselesaikan.

    terima kasih

  12. Pak boleh saya bertanya.. Ada warga di RT kami ( pengontrak ) meminta surat keterangan RT untuk mengurus pembuatan KK depok ( dia punya NIK dan KK Bekasi). Padahal dia hanya pengontrak yang saya belum tau sampai kapan ngontraknya, juga saya dah tanyakan ke pemilik rumah, ternyata dia juga belum bilang ke pemilik rumah kalau dia akan menggunakan alamat itu sebagai alamat KKnya. Dia buat alamatnya hanya nama jalan depan kompleks dan no RT dan RW saja, tanpa alamat yg jelas (nama blok dan no rumah). Bagaimana menurut Bapak tindakan saya seharusnya. Serpertinya pembuatan KK Depok bagi dia tidak perlu ya? apakah cukup surat keterangan domisili sementara?

  13. Call Center

    kepada sdr dian yth

    Harusnya dalam waktu 2 x 24 jam wajib melapor ke Rt/Rw nya, dalam waktu 14 hari sudah wajib melapor ke Kelurahan sebagai warga tidak tetap untuk dibuatkan SKTT WNI( surat keterangan tempat tinggal sementara ) atau KTP Putih bisa diurus di kelurahan dan hanya berlaku 6 bulan tidak bisa diperpanjang lagi, warga tsb harus pindah menjadi warga depok atau bisa dikembalian lagi ke daerah asalnya.
    Jadi warga tersebut tidak akan bisa mendapatkan KK depok ataupun KTP depok kalau tidak ada Surat Pindah dari Kota Bekasi. hanya SKTT surat keterangan tempat tinggal sementara )

    demikian semoga membantu
    terima kasih

  14. mau tanya kenapa nomer KK saya tidak ditemukan ketika pendaftaran bpjs online? nomer kk nya 3276012603140045
    padahal kk nya dikeluarkan oleh dinas kependudukan dan catatan sipil depok
    selanjutnya apa yang harus saya lakukan? sebelumnya saya kk nya terpisah, kk yg baru sudah terdaftar nama istri & anak
    terima kasih

  15. Call Center

    kepada sdr reza yth

    Sebelumnya kami ucapkan terimakasih atas partisipasinya, berkenaan dengan permasalahan yang disampaikan, dapat diinformasikan sebagai berikut :
    – Nomor KK tersebut terdaftar dalam database kependudukan yang ada pada kami,
    — Bahwa dalam proses perubahan perubahan NIK dari lokal menjadi NIK nasional, terjadi pergeseran NIK khususnya di angka/digit terakhir,
    – Jika Nomor KK bpak tidak terdaftar di BPJS maka bapak bisa mendaftarkannya secara Manual tidak bisa Online
    – Sehingga permasalahan yang berkaitan pendaftaran BPJS Kesehatan juga terselesaikan.

    Demikian penjelasan kami semoga dapat membantu, dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya.

    terima kasih

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*