Pemerintah kota Depok menggratiskan pembuatan Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan Akte kelahiran masyarakat Depok. Selain tidak dikenakan biaya, masyarakat Kota Depok saat ini mendapatkan lebih kemudahan dengan adanya  pelayanan pemerintah seperti  pembuatan KTP, KK dan Akte Kelahiran. Terlebih lagi dengan adanya Mobil KTP Keliling, masyarakat menjadi lebih dekat dan mudah dalam mengurus administrasi dasar warga.
Seperti yang diutarakan oleh Dirun Warga KP. Bojong Lio RT. 01 RW.028 Sukamaju Depok timur, saat ditemui di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kamis (4/3). “Dulu yah saya sulit untuk mengurus surat-surat seperti Akte  Kelahiran dan Kartu Keluarga namun sekarang tidak lagi, contohnya saat saya buat KTP di Mobil KTP Keliling, itu  benar-benar mudah prosesnya. Kita hanya cukup membawa surat pengantar dari RT, RW dan  KTP asli yang telah habis masa berlakunya,  kemudian daftar ke petugas, difoto  maka KTP langsung jadi,” terang Dirun.  Namun Dirun tetap berharap agar pelayanan Disdukcapil dapat terus ditingkatkan.
Senada dengan Dirun, Ketua Komisi A DPRD Depok Qurtifa Wijaya juga mengakui bahwa pelayanan yang dilakukan Disdukcapil memang semakin membaik.” Yah sudah ada yang meningkat, dan saya harap bisa teruskan sehingga pelayanan dasar ini bisa optimal,”terangnya.
Menurut Ketua komisi A DPRD Depok, harapan masyarakat akan terealisasikan. Berkaitan dengan kesiapan menerapkan pembuatan KTP on line yang akan terjadi di tahun 2010.  Sebanyak 38 kelurahan akan beroperasi untuk pembuatan KTP online tersebut.
Sementara itu Kepala Dinas Disdukcapil Mulyanto menegaskan, “yang perlu diingat Pembuatan KK, KTP dan Akte Kelahiran itu gratis, tidak dikenakan biaya sedikit pun”. Kecuali jika terdapat keterlambatan khususnya dalam pembuatan Akte Kelahiran maka akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu rupiah.(ASP)