Salah satu program  andalan Kota Depok ialah Depok Kota Bersih dan Hijau. Untuk mendukung  program tersebut, ditekankan tersedianya Ruang Terbuka Hijau(RTH) sehingga dapat memiliki fungsi ekologis yang menjamin keberlanjutan suatu wilayah kota secara fisik. Untuk mensosialisasikan RTH tersebut, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok yang diwakili oleh Ibu Kania  dibantu oleh pihak sekolah-sekolah di Kota Depok  mensosialisasikan penghijauan di Kota Depok kepada anak-anak sekolah SDIT Al Muqorrobin yang berlokasi di Jl. Mahoni Depok Utara., Sabtu(4/2). Kegiatan tersebut diisi  dengan melakukan sosialisasi penghijauan di kelas-kelas serta talk show yang bertemakan Bumiku Hijau dan Lingkunganku Sehat.

RTH dimaksud harus merupakan satu bentuk RTH yang berlokasi, berukuran, dan berbentuk pasti dalam suatu wilayah kota, seperti RTH untuk perlindungan sumberdaya penyangga kehidupan manusia dan untuk membangun jejaring habitat kehidupan liar. RTH untuk fungsi-fungsi lainnya (sosial, ekonomi, arsitektural) merupakan RTH pendukung dan penambah nilai kualitas lingkungan dan budaya kota tersebut, sehingga dapat berlokasi dan berbentuk sesuai dengan kebutuhan dan kepentingannya, seperti untuk keindahan, rekreasi, dan pendukung arsitektur kota.

Manfaat berdasarkan fungsinya dibagi atas manfaat langsung (dalam pengertian cepat dan bersifat tangible) seperti mendapatkan bahan-bahan untuk dijual (kayu, daun, bunga), kenyamanan fisik (teduh, segar), keinginan dan manfaat tidak langsung (berjangka panjang dan bersifat intangible) seperti perlindungan tata air dan konservasi hayati atau keanekaragaman hayati.

Struktur Kota Hijau adalah Kota yang memiliki hubungan fungsional (ekologis, sosial, ekonomi, arsitektural) antar komponen pembentuknya. Pola yang dibangun harus terintegrasi dari kumpulan tumbuhan dan tanaman atau vegetasi yang telah diseleksi dan disesuaikan dengan lokasi serta rencana dan rancangan peruntukannya.

Walikota Depok diwakili oleh Drs. Slamet AR, MM selaku Kepala Bidang Data dan Informasi pada Dinas Komunikasi dan Informatika hadir memberikan sambutan dan membuka acara tersebut. Pada kesempatan tersebut Slamet menyampaikan rasa terimakasih terhadap sekolah  atas dukungannya terhadap program Pemkot di depan puluhan siswa SDIT Al Muqorrobin serta guru-guru dan orang tua murid. Slamet juga menambahkan penjelasan-penjelasan program andalan kota depok lainnya seperti Depok kota layak anak, Depok tertib dan unggul serta Depok cyber city.