Bursa Lowongan Kerja 2010 yang berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 3  sampai 7 Agustus 2010, pihak Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Depok (Disnakersos) memberikan pelayanan pembuatan Kartu Kuning (AK-1) secara online. Para pencari kerja yang membutuhkan kartu kuning bisa segera mendapatkannya di acara tersebut.

Catur Sri Astuti Kepala Bidang Pelatihan, Produktifitas & Penempatan Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Depok, mengatakan, pembuatan kartu kuning secara online, selain cepat pengurusannya, juga sebagai database pencari kerja di Disnakersos. Hal tersebut merupakan terobosan Disnakersos Kota Depok, karena banyak pelayanan kartu kuning di kabupaten/kota lain masih menggunakan sistem manual.

Dijelaskannya, persyaratan untuk membuat kartu kuning cukup membawa foto copy KTP, Ijazah terakhir, KK dan Phas Foto 3 x 4 sebanyak 2 (dua) lembar. “Bila persyaratan lengkap, 5 menit kartu kuning sudah jadi. Dan pembuatannya tidak dipungut biaya” kata Catur di sela-sela acara pembukaan Bursa Lowongan Kerja, di Depok Mall, Selasa siang (3/8).

Tentu kesempatan itu dimanfaatkan oleh para pencari kerja di Depok yang ingin mendapatkan kartu kuning. Terbukti di hari pertama, Disnakersos telah mengeluarkan 1.100 kartu kuning. Seperti halnya Amelia, warga Beji yang datang ke acara bursa kerja bersama ibunya, rela antri panjang untuk mengurus kartu kuning. “ Datang ke sini, rencananya mau cari pekerjaan, begitu ada pelayanan kartu kuning online, ya sekalian sajalah” kata Amelia