PT Telkom nampaknya benar-benar serius dalam memaksimalkan program cybercity yang digagas pemerintah Kota Depok. Buktinya, dalam waktu dekat Telkom berencana membuat program Perpustakaan Cyber. Manager CS Area Jakarta-Kalibata, Hasanudin mengatakan, pihaknya berencana menggandeng Gramedia Grup guna merealisasikan program tersebut. Sehingga nantinya, masyarakat bisa mengakses berbagai referensi buku cukup dengan mengaktifkan internet.

Ia mengatakan, sebetulnya, program ini difokuskan agar lebih bisa menyentuh kalangan sekolah. Sebab, masih banyak siswa masih enggan mendatangi perpustakaan untuk membaca buku. Mereka, lebih suka mengakses internet, akibat banyaknya konten menarik di dalamnya. Maka dari itu, Telkom melihat, internet bisa dipergunakan secara positif dengan konten  berisi basis pendidikan seperti Perpustakaan Cyber dengan target komunitas di sekolah, sesuai dengan program Cyber City. “Kami siap menjalankan program Perpustakaan Cyber,” ungkapnya.

Hasan mealanjutkan, sebelumnya Telkom memang berencana menjalankan program pesantren Ramadhan. Kini, pihaknya hanya tinggal menunggu persetujuan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok. Pasalnya, MUI Kota Depok yang akan merekomendasikan pesantren tempat dilaksanakan kegiatan. Pesantren tersebut juga diwajibkan lulus sertifikasi dari MUI, sebagai pesantren yang memiliki kualitas keagamaan. Program ini dinilai sebagai langkah maju dalam mempelajari agama secara modern. “Kami sangat mendukung dilakukannya program Cyber City di Kota Depok,” tukasnya.

Senada, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok, Herry Pansila mengatakan, jajaran Pemkot sangat mendukung dilaksanakannya perpustakaan Cyber, karena akan lebih menunjang pendidikan bagi masyarakat. Diskominfo, akan siap pula memaksimalkan keberadaan Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Depok yang dinilai tidak lagi efektif, dengan cara mendigitalisasi semua buku lalu memasukannya ke dalam computer. Namun, terlebih dahulu proses perizinan kepada pemilik buku akan dilakukan. Selain itu, pemkot juga siap bekerjasama dengan beberapa provider dalam menjalankan program ini. “Saya sangat mendukung dibuatnya Perpustakaan Cyber,” tandasnya.