Stand-stand UKM  dari berbagai wilayah se Jawa barat adalah daya tarik tersendiri di area MTQ XXXI.  Berdiri berderet di dalam stadion Merpati di pinggir lapangan Stadion dengan beridentitas lambang kabupaten atau kota masing-masing, cukup memudahkan para pengunjung mengenali tujuan stand yang diinginkan.

Salah satu stand yang mudah dikenali adalah stand tuan rumah, Kota Depok. Stand Depok berciri khas pajangan buah belimbing dewa yang digantung di depan stand serta lambang Paricara Dharma sehingga memudahkan para warga Depok menemukan stand ini.

Menurut Ibu Endah, penjaga stand dan salah satu anggota kelompok kerja Kenanga penghasil Dodol Belimbing dan Jambu Merah, stand UKM Depok memiliki makanan baru khas Depok yaitu dodol berasal dari buah Belimbing dan Buah Jambu Merah. “Baru satu tahun,” ungkapnya.

Dodol Belimbing dan Jambu Merah memiliki kemasan dengan harga beragam. Dari harga Rp. 6000, Rp. 12.000, dan Rp. 25.000. “Kita menerima pesanan kiloan,” kata Bu Endah. “Sedangkan harga per-kgnya sekitar Rp. 60.000,-“ jelas bu Endah.

Ibu Endah menjelaskan produk dodol adalah buatan kelompok Usaha Bersama (KUB) Kenanga dan KUB Dewa yang berlokasi di kecamatan Sawangan Depok. Ide awal dari pembuatan produk ini adalah memanfaatkan belimbing yang terlalu masak atau kualitas C. Dengan modal awal semua bahan sekitar Rp. 85.000, menghasilkan 2,8 kg dodol dengan harga kurang lebih Rp. 168.000,- Untuk penyediaan bahan baku belimbing, Ibu Endah mengaku tidak ada kendala. Karena sudah terdapat kerjasama dengan pusat Koperasi Pasir Putih yang menampung pembelian dari petani Belimbing.

Ibu Endah mengaku pernah mengalami hambatan sebelum akhirnya menemukan resep dodol saat ini. Sebelumnya dodol tidak bisa bertahan lama. Hanya dengan 2 minggu, dodol sudah berbau tengik. Setelah beberapa kali uji coba, dengan menambah dan mengurangi komposisi, mengurangi atau menambah waktu pemasakan dan perubahan cara pengolahan akhirnya ditemukan dodol yang bisa bertahan sampai 2 bulan tanpa bahan pengawet. Kendala yang secara umum dihadapi adalah masalah pemasaran yang baru dari mulut ke mulut dan bantuan dari UKM salah satunya UKM yang menghasilkan Winner Jus Belimbing, pimpinan Ibu Maria.

Selain Dodol Belimbing dan Jambu Merah, produk yang paling laku di stand UKM Depok adalah jus Belimbing. Selama 5 hari hampir 3-4 dus yang berisi 25 botol laku terjual. Dengan disajikan dingin atau dengan menggunakan bongkahan es menjadi minuman nikmat dinimun, apalagi ketika cuaca sedang panas di siang hari.

Menurut Bu Endah kelompok Usahanya memiliki produk lain yang biasanya dibuat sesuai dengan pesanan yaitu selai dan mayoneis. Sayangnya kendala pendanaan produk ini belum mampu diproduksi dalam jumlah besar.

Stand Depok  hadir di arena MTQ dengan berusaha memanjakan bagi kita penggemar makanan khas Depok. Jika Anda mengunjungi stand MTQ jangan lupa berkunjung ke stand Kota Depok.