logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Dodol Belimbing dan Jambu Merah Makanan Baru Khas Depok

Stand-stand UKM  dari berbagai wilayah se Jawa barat adalah daya tarik tersendiri di area MTQ XXXI.  Berdiri berderet di dalam stadion Merpati di pinggir lapangan Stadion dengan beridentitas lambang kabupaten atau kota masing-masing, cukup memudahkan para pengunjung mengenali tujuan stand yang diinginkan.

Salah satu stand yang mudah dikenali adalah stand tuan rumah, Kota Depok. Stand Depok berciri khas pajangan buah belimbing dewa yang digantung di depan stand serta lambang Paricara Dharma sehingga memudahkan para warga Depok menemukan stand ini.

Menurut Ibu Endah, penjaga stand dan salah satu anggota kelompok kerja Kenanga penghasil Dodol Belimbing dan Jambu Merah, stand UKM Depok memiliki makanan baru khas Depok yaitu dodol berasal dari buah Belimbing dan Buah Jambu Merah. “Baru satu tahun,” ungkapnya.

Dodol Belimbing dan Jambu Merah memiliki kemasan dengan harga beragam. Dari harga Rp. 6000, Rp. 12.000, dan Rp. 25.000. “Kita menerima pesanan kiloan,” kata Bu Endah. “Sedangkan harga per-kgnya sekitar Rp. 60.000,-“ jelas bu Endah.

Ibu Endah menjelaskan produk dodol adalah buatan kelompok Usaha Bersama (KUB) Kenanga dan KUB Dewa yang berlokasi di kecamatan Sawangan Depok. Ide awal dari pembuatan produk ini adalah memanfaatkan belimbing yang terlalu masak atau kualitas C. Dengan modal awal semua bahan sekitar Rp. 85.000, menghasilkan 2,8 kg dodol dengan harga kurang lebih Rp. 168.000,- Untuk penyediaan bahan baku belimbing, Ibu Endah mengaku tidak ada kendala. Karena sudah terdapat kerjasama dengan pusat Koperasi Pasir Putih yang menampung pembelian dari petani Belimbing.

Ibu Endah mengaku pernah mengalami hambatan sebelum akhirnya menemukan resep dodol saat ini. Sebelumnya dodol tidak bisa bertahan lama. Hanya dengan 2 minggu, dodol sudah berbau tengik. Setelah beberapa kali uji coba, dengan menambah dan mengurangi komposisi, mengurangi atau menambah waktu pemasakan dan perubahan cara pengolahan akhirnya ditemukan dodol yang bisa bertahan sampai 2 bulan tanpa bahan pengawet. Kendala yang secara umum dihadapi adalah masalah pemasaran yang baru dari mulut ke mulut dan bantuan dari UKM salah satunya UKM yang menghasilkan Winner Jus Belimbing, pimpinan Ibu Maria.

Selain Dodol Belimbing dan Jambu Merah, produk yang paling laku di stand UKM Depok adalah jus Belimbing. Selama 5 hari hampir 3-4 dus yang berisi 25 botol laku terjual. Dengan disajikan dingin atau dengan menggunakan bongkahan es menjadi minuman nikmat dinimun, apalagi ketika cuaca sedang panas di siang hari.

Menurut Bu Endah kelompok Usahanya memiliki produk lain yang biasanya dibuat sesuai dengan pesanan yaitu selai dan mayoneis. Sayangnya kendala pendanaan produk ini belum mampu diproduksi dalam jumlah besar.

Stand Depok  hadir di arena MTQ dengan berusaha memanjakan bagi kita penggemar makanan khas Depok. Jika Anda mengunjungi stand MTQ jangan lupa berkunjung ke stand Kota Depok.

320 Total Views 2 Views Today
Tags: , , , ,
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

5 komentar

  1. Baru tau kalau dodol juga ada rasa belimbing…
    inovasi yg bagus.. sukses terus yaa… :D

  2. like this

  3. Boleh minta no tlp yg bisa d hubungi,soalnya sy punya pasar yang msh terbuka,trims.

  4. trus ciptakan mkan” khas depok ,
    dan jgan lupakan sejarah dan budaya kota depok ..

  5. kepada sdr Leo
    yang terhormat
    terimaksih atas partisipasinya dalam website pemkot Depok
    menjawab pertanyaan sdr Leo untuk lebih jelasnya dapat saudara tanyakan langsung ke kantor koperasi dan UKM Jl. MArgonda no.54 area walikota Depok
    terimakasih
    call center
    DInas Komunikasi dan Informasi

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*