Suasana RT 06/15 Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong kini berubah menjadi asri dan bersih, setelah warga bergotong royong menciptakan wilayah yang hijau dan lebih asri. Sebelumnya, sampah ada di mana-mana dan nyaris tandus.

Berkat usaha warga yang didukung pemerintah itu, kelurahan itu mengukir prestasi yang dapat dibanggakan dengan menjuarai juara pertama dalam lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2012.

“Ini merupakan kerja keras dan kekompakan dari seluruh warga RT 06/15 yang setiap hari sabtu dan minggu warga selalu rutin melakukan kerja bakti disini. Sehingga wilayah kami menjadi hijau dan asri. Kami juga selalu melakukan soaialisa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, penghinjauan tempat, mengajak warga untuk menjaga lingkungan untuk tetap bersih dan asri,” ujar Ketua RT 06/ 15  Rifai.

Sejak beberapa tahun lalu, Kelurahan Sukamaju melaksanakan 10 program PKK sebagai  salah satu program PKK Kota Depok, khususnya yaitu Lingkungan Bersih dan Sehat yang masuk dalam program Kelestarian Lingkungan Hidup. Program ini sangat membantu dalam menjaga keseimbangan lingkungan secara ekologis.
Menjaga kelestarian lingkungan menjadi faktor yang sangat penting dewasa ini. Banyak bencana alam yang disebabkan karena lingkungan yang rusak. PKK memberikan penyuluhan sederhana agar lingkungan tidak dirusak dan mencegah pencemaran sumber air, antara lain tidak membuang sampah di sungai atau selokan, serta melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk dan penyuluhan – penyuluhan kesehatan lingkungan.

“Kami juga sudah mengirimkan surat kepada Bapak Walikota Depok untuk segera memperbaiki jalan yang ada di wilayah kami agar segera dicor, akan tetapi belum ada tanggapan dari beliau. Jadi kami hanya dapat menunggu saja. Kami mengharapkan agar Pemerintah Kota Depok bisa membantu kami karena wilayah kami sering kali ditunjau aparat dari tingkat propinsi dan Pemkot Depok sendiri,” ujarnya kembali.

Rumah kediaman Mulyati yang merupakan istri dari Ketua RT 06/15, rumah tipe 21 denga  luas tanah 60 meter persegi menjadi contoh dari konsep rumah sehat dan bersih. Rumah kecil ini tampak menjadi lega, bersih, dan nyaman ditempati dikarenakan banyaknya tanaman obat, tanaman sayuran, ventilasi yang cukup, tempat sampah yang cukup serta got yang bersih.(Diskominfo/Feny)