logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC, Kota Belimbing logodepokPertanyaan, saran dan konfirmasi mengenai pengaduan terkait Penerimaan CPNSD Depok TA. 2014 dapat menghubungi BKD dengan email: bkd@depok.go.id Telp. 021-29402279 logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Pembuatan Akte Kelahiran Gratis

IMG_0394[1]Untuk warga Depok yang anaknya belum memiliki akta kelahiran kini akan terbantu dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang dicanangkan  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Ruang pelayanan terpadu pembuatan akte kelahiran di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Depok Jawa Barat mengalami perubahan yang cukup signifikan. Bagi masyarakat yang ingin mengurus akte kelahiran dan surat penting lainnya, kini sudah nyaman, apalagi sekarang cara pelayanannya mengunakan sistim loket bank, sehingga menambah suasana pelayanan menjadi teratur dan nyaman.

Macam-macam akte kelahiran

  • Akte Kelahiran Umum. Akte kelahiran yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran dari penduduk kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil paling lambat 60 hari sejak tanggal kelahiran. Untuk jenis ini tidak dikenakan biaya.
  • Akte Kelahiran Dispensasi. Akte Kelahiran yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran yang melampaui batas waktu 60 hari sejak tanggal kelahiran. Untuk jenis ini, sebagaimana diatur dalam peraturan, dikenakan sanksi berupa denda sebesar Rp. 50.000,-.
  • Akte Kelahiran Pengadilan. Akte Kelahiran yang dibuat berdasarkan laporan kelahiran yang melampaui batas waktu 1 tahun sejak tanggal kelahiran, akan mengikuti sidang di kecamatan.

‚ÄúPembayaran uang sebesar Rp. 20.000 itu sudah tidak ada jadi warga harus tahu kalau pembuatan akte kelahiran itu gratis sesuai persyaratan,‚ÄĚ ujar Bapak Deus selaku Kepala Seksi Pencatatan Kelahiran dan Kematian.

Syarat Mendapatkan akte kelahiran

Persyaratan yang harus dilampirkan dalam pengurusan Akte Kelahiran adalah sebagai berikut :

  • Surat kelahiran dari penolong kelahiran (Rumah Sakit/Puskesmas/Klinik/Rumah Bersalin/Dokter/Bidan/dll)
  • Foto copy KTP dan KK kedua orang tua / yang bersangkutan
  • Keterangan kelahiran dari Kelurahan setempat (stempel basah/asli)
  • Foto copy Akta Nikah/Perkawinan orang tua
  • Menghadirkan 2 orang saksi dan melampirkan foto copy KTP nya.

Mekanisme Permohonan akte kelahiran Umum dan dispensasi

Mekanisme dan Prosedur Jenis Akte Kelahiran Umum dan Dispensasi  :

  • Pemohon datang dengan membawa persyaratan terlampir ke loket Pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
  • Mengisi formulir pendaftaran bermaterai yang sudah di sediakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Pemohon menandatangani buku register akta kelahiran beserta 2 Orang saksi

Mekanisme dan Prosedur Jenis Akte Kelahiran Pengadilan :

  • Pemohon datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengambil formulir pembuatan akte kelahiran.
  • Lalu ke kantor pos Sukmajaya untuk melegalisir persyaratan.
  • Datang kembali ke kantor Disdukcapil untuk menyerahkan persyaratan yang sudah dilegalisir.
  • Sidang akan dilakukan sesuai domisili pemohon. Minimal pemohon di wilayahnya minimal 15 orang dan akan digelar sidang keliling di dua lokasi berbeda dalam satu hari.
  • Pembuatan akta lahir dengan sidang pengadilan dikenakan denda yang masuk ke negara berdasarkan radius atau jarak domisili warga.

Cara Mengurus Akte kelahiran yang Hilang

Syaratnya, Anda harus menyertakan surat keterangan kehilangan dari Polsek setempat. Kemudian, akta kelahiran diurus di Disdukcapil atau Kantor Pencatatan Sipil sesuai penerbitan. Misalnya, akta tersebut sebelumnya diterbitkan di wilayah Tapos, maka pengurusannya juga harus diurus di Disdukcapil atau Kantor Pencatatan Sipil di Kecamatan Tapos. Syarat untuk mengurusnya, lampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat keterangan kehilangan dari Polsek setempat. Jika masih mempunyai fotokopi akta kelahiran, bisa dilampirkan untuk mempermudah pencarian data. Syarat-syarat tersebut bisa atas nama pemilik akta maupun orangtua pemilik akte.

Sidang pembuatan akte kelahiran ini merupakan terobosan pertama di Jawa Barat yang dikomandoi oleh Disdukcapil. Terobosan ini pun disambut baik oleh Pengadilan Negeri Depok. Pada prinsipnya program ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan kependudukan.

Apa yang menjadi kendala dalam proses persidangan di kecamatan? Kendalanya antara lain, apabila pemohon yang bersangkutan tidak hadir, maka sidang tidak dapat dilaksanakan. Demikian pula jika ada saksi yang tidak hadir, maka sidang  juga tertunda. Saksi adalah mereka yang mengetahui silsilah keluarga yang melakukan sidang. (Diskominfo/Feny)

Foto Terkait:

akte lahir-1

akte lahir 3

4285 Total Views 6 Views Today
Tags: ,
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

105 komentar

  1. Call Center

    kepada sdr euis yth

    untuk perubahan pada data akte kelahirannya, silahkan datang langsung ke Disdukcapil Kota Depok (Gedung Baleka II Lt.1 Jln. Margonda Raya No.54 Depok, No tlp: 7756256/ 29402262) dengan membawa Copy dan aslinya akta kelahirannya tsb, Copy KK dan Copy KTP nya.

    terima kasih

  2. yth Admin, saya mau tanya, bila anak saya lahir di Jakarta, semntara saya sekarang tinggal di depok, saya dan istri belum memiliki KK,,apa bisa saya buat KK dan akte kelahiran di Depok? tks

  3. Call Center

    kepada bpk teguh yth

    Terimakasih atas partisipasinya,jika bpk teguh & istri KTP domisili didepok, Mulai tanggal 1 Oktober 2014, Berdasarkan UU No. 24 Tahun 2013 dapat dibuat berdasarkan Azas Domisili. Akte kelahiran dapat dibuat didepok dengan ketentuan dan prosedur yang berlaku. Bpk bisa mengajukan permohonan baru untuk pembuatan akta kelahiran dengan persyaratan sebagai berikut :

    Persyaratan pembuatan akta kelahiran :
    1. Isi Formulir Permohonan Bermaterai Rp. 6000
    2. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan/Dokter/RS.
    3. Lahir di Depok dan di luar Kota Depok
    4. Asli Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan.
    5. FC. KTP kedua orang tua
    6. FC. KK baru yang sudah tercantum nama anak
    7. FC Surat Nikah/Akta Perkawinan catatan Sipil Legalisir
    8. FC KTP saksi 2 orang ( hadir pada saat pendaftaran )

    Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan Akta Kelahiran TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Demikian jawaban dari kami.

    Terima kasih semoga informasinya membantu.

  4. Yth Admin,
    1. dari yang saya tangkap, artinya saya harus membuat KK dulu, baru saya mengajukan permohonan Akte kelahiran anak saya ya?
    2. bagaimana bila KTP Istri saya domisili Jakarta, sementara KTP saya domisili Depok? apa dapat membuat KK sesuai domisili saya di Depok?
    3. untuk persayaratn nomor 6, apakah bisa saya membuat KK yang tercantum nama anak sebelum membuat akte lahirnya??
    tks

  5. Call Center

    Dear Bapak Teguh yang kami hormati,

    Terima kasih sebelumnya atas partisipasinya, menanggapi pertanyaan bapak mengenai permasalahan surat pindah Datang dan pembuatan akte kelahiran kami dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil memberikan jawaban yaitu :

    1. Iya, Prosedurnya data anak bapak harus dimasukkan dahulu ke dalam KK untuk menjadi dasar diterbitkannya akte kelahiran anak bapak.
    2. PIndahkan saja dahulu Domisili Istri Bapak Ke Depok dengan mengurus surat Pindah dari sudin Jakarta, jadi data Bapak dan Istri bapak berada dalam satu KK, mungkin dari yang saya tangkap data istri bapak masih masuk kedalam KK orang tuanya belum pecah KK dijadikan satu dengan KK bapak (Karena itu administrasi kependudukan yang paling baik)
    3. untuk pertanyaaan nomer 3 sama dengan jawaban nomor 2 diatas, lebih baik bapak satukkan saja dahulu nama istri bapak kedalam KK Bapak (pecah KK)dengan mengajukan surat pindah dari sudin Jakarta
    untuk persyaratan surat pindah keluar Kota depok dibutuhkan persyaratan diantaranya :

    1. Surat Pengantar dari RT/RW
    2. Surat Pengantar Pindah dari Kelurahan
    3. Surat Pengantar Pindah dari Kecamatan
    4. KTP dan KK asli
    5. Foto Berwarna 3 x 4 dua lembar

    Berdasarkan Perwal Kota Depok No. 15 Tahun 2014, mengenai retribusi penggatian biaya cetak, pengurusan surat pindahkeluar TIDAK DIKENAKAN BIAYA ALIAS GRATIS. Sedangkan untuk proses Surat Pindah Datang dapat ditunggu.

    Semoga informasinya dapat membantu.

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*