MCAP-Dinas Kominfo Depok

“Antusiasme anak-anak itu perlu diacungi jempol!”

Kata tersebut terbesit tatkala melihat siswa-siswi Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKBM) Ats-Tsiqoh yang berlokasi di Jl. Raya Bedahan Sawangan Depok pada saat belajar bersama Mobile Community Access Point (MCAP) Dinas Kominfo Kota Depok. Meskipun sarana dan prasarana dapat dibilang seadanya, namun semangat mereka untuk belajar perlu dicontoh. Pada kesempatan ini Team MCAP Dinas Kominfo memberikan materi cara berkomunikasi dengan menggunakan Surat Elektronik (E-Mail) kepada siswa-siswi tingkat VIII SMP Ats-Tsiqoh, mulai dari pendaftaran email baru, mengirim, membaca dan membalas email.

“Kak, kak… kalau huruf besar yang dipencet apa ya?”

Pertanyaan polos dari salah satu siswi yang belajar membuat email saat harus memasukkan Chaptcha Verification code. Polos memang, namun setelah dicontohkan sekali mereka langsung lancar untuk tahap selanjutnya. Ada pula beberapa siswa-siswi yang telah lancar berkomunikasi menggunakan media elektronik ini.

MCAP sendiri adalah fasilitas “layanan bergerak” untuk pembelajaran bagi masyarakat, dengan menyediakan akses informasi dan pengetahuan berbasis internet yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

MCAP memiliki 3 fungsi yakni:

  1. Unit pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta akses internet
  2. Akses layanan telepon
  3. Kegiatan diseminasi informasi secara audio visual

MCAP memiliki kelengkapan komputer, telepon dan faksimili serta pencetak digital, untuk meningkatkan minat belajar pemahaman teknologi informasi dan komunikasi (e-literacy) serta menyebarkan informasi, ilmu, teknologi dan seni budaya secara aktual dalam rangka memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan global.