logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Situ Sidamukti Akan Dibangun Jogging Track dan Side Drain Untuk Objek Wisata

                                                                                          

Salah satu potensi yang ada di Kecamatan Sukmajaya, yakni Situ Sidamukti di bidang wisata, akan dibangun Jogging track dan Side drain. Dengan tujuan, agar warga yang berkunjung dapat menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata keluarga. Camat Sukmajaya, Adi Parayuda menjelaskan, situ yang luas mencapai tiga hektar itu, akan di evaluasi perbaikannya oleh Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Bidang Sumber Daya Air. Rencananya, pembuatan Jogging Track dan Side Drain itu akan di realisasikan pada tahun ini. ‚Äú Dengan membuat Jogging Track, warga tidak perlu mencari jauh arena olahraga. Ditambah pemandangan situ yang bagus, bisa menjadi tempat wisata keluarga di akhir pekan,‚ÄĚ ucapnya.

Pembuatan Side drain itu, dimaksudkan pembuatan saluran air sebagai penahan air hujan. Dengan begitu, air disitu tidak akan meluap terlalu tinggi. Tak hanya itu, di Side Drain  akan dipasangkan jaring, sebagai penahan sampah yang masuk kesitu. “Kami telah mengevaluasi masukan warga memaksimalkan manfaat itu, terutama dari Pokja Situ Sidamukti sangat bagus, yakni penataan tebingan di sekeliling situ,’ lanjutnya.

Ia menuturkan, penataan tebing juga dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya pendangkalan situ.‚ÄĚ Sekarang tergantung aparat pemerintah setempat untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar situ. Agar tidak terjadi kesalahpahaman nantinya,‚ÄĚ tuturnya.

Pada bulan Juli lalu, di Aula Kecamatan Sukmajaya Depok, sudah diadakan PKM (Pertemuan Konsultasi Masyarakat) untuk membahas rehabilitasi Situ Sidomukti (Situ Baru atau Situ Studio Alam). Hadir pada pertemuan itu, Staf Dirjen Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane,  Ketua Badan Lingkungan Hidup Kota Depok, Staf Konsultan PT. Puser Bumi, Camat Sukmajaya, Lurah Sukmajaya, beberapa Ketua RW di lingkungan Kelurahan Sukmajaya, Pokja Situ, Organisasi Pengusaha Kota Depok, yang mewakili Kepolisian Resort, Sektor, Danramil, dan undangan lainnya.

Pertemuan itu membahas atau menampung aspirasi, keinginan atau harapan warga (yang diwakili pimpinan lingkungannya) tentang “mau diapakan situ ini nantinya,” Pihak konsultan dan BBWS telah melakukan pemetaan dan pengkajian awal (peninjauan lokasi) di Situ Sidomukti tersebut. Hasilnya telah dipaparkan yang pada intinya Situ Sidomukti memiliki masalah, yaitu: (1) pendangkalan, pencemaran limbah perumahan, dan gulma di sisi hilir, atau di sebelah selatan: Perumahan Permata Duta dan sekitarnya, (2) kondisi pintu penguras, pintu sorong dan pintu pelimpah (spillway) yang mengaliri limpahan situ menuju ke sungai Ciliwung melalui kali Sugutamu dalam keadaan rusak, (3) saluran keluaran memiliki kecuraman yang dinding-dindingnya sudah mulai rapuh atau terkikis, (4) Situ Sidomukti memiliki ketinggian (+91) di atas rata-rata tanah di perumahan Mutiara Depok dan Pondok Sukmajaya Permai (+85) sehingga menimbulkan ancaman yang serius jika sampai rusak, (5) sebagian, khususnya di sisi timur sudah mulai berubah fungsi, ada yang menjadi bangunan atau tempat dagang.

Masukan dari warga dinyatakan secara oral (langsung), maupun secara tertulis. Umumnya warga menghendaki pengembalian fungsi situs sebagaimana mestinya, mulai dari akta kepemilikan (milik Pemda atau milik Pemerintah Pusat), sampai pemanfaatannya (sebagai tempat rekreasi atau berolah-raga). Caranya dengan membersihkan sampah dan gulma (tanaman air liar), mengeruk, membuat tanggul permanen, dan dikelilingi dengan jogging track, serta membenahi sarana lingkungannya (500 meter di hilir dan 500 meter di hulu) dari situ tersebut.

Setelah berdiskusi, diputuskan untuk mengadakan pertemuan lanjutan sekitar Agustus 2011, untuk memberi paparan mengenai desain awal penataan lingkungan situ oleh Dirjen SDA DPU Satuan Kerja BBWS beserta konsultannya atas masukan-masukan yang telah mereka terima hari ini.

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*