Musrembang 13 Maret 2013

Kota Depok melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rabu, 13 Maret  2013 di Hall Leonie Kinasih Resort Depok.  Tema Musrenbang kali ini adalah “Pembangunan Kota Depok Yang Lebih Fokus, Berkualitas, Efektif, dan Efisien Melalui Sinkronisasi dan Sinergitas Peran Stakeholder dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Menuju Kota Depok Yang Maju dan Sejahtera”.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail ini turut dihadiri oleh Kepala Bkpp Wilayah 1 Bogor, Anang Sudarna yang hadir mewakili Gubernur Provinsi Jawa Barat,  Ketua DPRD Depok, H. Rintis Rianto dan Kepala Bappeda Kota Depok, H.M Misbahul Munir. Musrenbang kali ini membahas tentang sebelas prioritas pembangunan Kota Depok Tahun 2014, yaitu; 1) Peningkatan kualitas pelayanan publik; 2) Peningkatan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi; 3) Pembangunan infrastruktur dasar perkotaan; 4) Optimalisasi pendapatan dan pembiayaan pembangunan daerah; 5) Peningkatan penataan ruang dan linmgkungan hidup perkotaan; 6) Kreatif, inovatif dan prestasi masyarakat; Peningkatan potensi ekonomi lokal dan investasi daerah; 8) Peningkatan kualitas kehidupan keluarga, berbangsa dan beragama; 9) Peningkatan kesehatan, kesejahteraan sosial dan penanggulangan kemiskinan; 10) Peningkatan kualitas dan aksebilitas pendidikan berkarakter; 11) Ketahananan pangan.

“ Dari pokok sebelas prioritas tersebut, kita bisa mengkaji lebih baik lagi karena ini adalah proses dari tersusunnya rencana pembangunan daerah akan datang. Saya juga berharap sinkronisasi yang nyata antara Pemerintah Kota Depok, Kabupaten dan Pemerintah Pusat, ” ujar Nur Mahmudi dalam sambutannya.

Musrenbang RKPD Kota adalah forum antar pemangku kepentingan untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati prioritas pembangunan/program/kegiatan Daerah yang telah diusulkan melaui Musrembang tingkat kecamatan dan Forum OPD. Hasil kesepakatan tersebut nantinya akan menjadi Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) tahun 2014. Acara ini akan berlangsung selama tiga hari, 13-14 Maret 2013. (Diskominfo/Rysko)