Tujuan fasilitasi MCAP adalah guna memperluas jangkauan layanan pemanfaatan telematika, serta memberikan kesempatan pemerataan pembelajaran e-literacy bagi warga yang belum terjangkau layanan tetap. Oleh sebab itu salah satu sasaran layanan MCAP adalah Sekolah Terbuka yang memiliki fasilitas terbatas. Rata-rata siswa sekolah terbuka tidak merasakan praktikum komputer, hingga kunjungan MCAP menjadi peristiwa yang dinanti-nanti.

Antusiasme yang besar ditunjukkan siswa Tempat Kegiatan Belajar Mandiri (TKBM) Khusnul Khotimah saat MCAP mengunjungi mereka pada hari Jumat (13/5/11).  Operator MCAP membimbing siswa memanfaatkan internet, mulai dari membuat email, mengenalkan manfaat email, browsing informasi, membuat blog, hingga menjajal berbagai aplikasi online seperti video conference melalui skype.

Salah satu yang menarik minat mereka adalah saat memanfaatkan fasilitas Google Maps, menjadi kesenangan tersendiri saat berhasil menemukan lokasi-lokasi yang dicari di seluruh penjuru dunia. “Wah sampai atap gedungnya kelihatan ya..”, demikian ungkap salah satu siswa yang merasa kagum dapat melihat atap gedung sekolahnya melalui satelit.