Cimanggis, Rabu(15/2) – Bertujuan untuk mencapai layanan yang lebih baik bagi masyarakat, UPT Puskesmas Cimanggis telah memperoleh ISO 9001 2008.  Puskesmas yang berlokasi di Jalan Raya Bogor ini mulai mengimplementasikan ISO 9001 : 2008 ( Sistem Manajemen Mutu) sejak November 2009. Rata-rata kunjungan pasien sekitar 200 orang setiap hari dengan poli umum antara 60 sampai 100 pasien.  Untuk layanan Rawat Inap sendiri, puskesmas tersebut sudah menyediakan layanan 24 jam. Puskesmas Cimanggis merupakan salah satu yang sudah memperoleh ISO dari 3 puskesmas yang ada di Kota Depok. Dua lainnya adalah Puskesmas Pancoran Mas, dan Puskesmas  Sukmajaya.

Perlu diketahui, ISO 9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen Mutu / kualitas. ISO 9001:2008 menetapkan persyaratan – persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem manajemen mutu. ISO 9001:2008 bukan merupakan standar produk, karena tidak menyatakan persyaratan – persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau jasa). ISO 9001:2008 hanya merupakan standar sistem manajemen kualitas. Namun, bagaimanapun juga diharapkan bahwa produk dan layanan yang dihasilkan dari suatu sistem manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).

Proses dan syarat yang harus dipenuhi  Puskesmas Cimanggis untuk memperoleh ISO 9001, menurut dr. Dipo Pramudito selaku penanggung jawab ISO,ada empat standar yaitu pertama Standar ISO sendiri, kedua Standar Peraturan Pemerintah, ketiga Standar Kode Etik yang ditentukan organisasi profesi, dan yang keempat standar dari pengguna atau pasien.

Setelah menerapkan ISO 9001:2008, Puskesmas Cimanggis  memperoleh manfaat antara lain: meningkatkan kepercayaan pelanggan/pasien, jaminan kualitas layanan/SOP, meningkatkan motivasi, moral dan kinerja pegawai, meningkatkan komunikasi internal, meningkatkan image positif puskesmas, dan sistem terdokumentasi.