logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

KTP Elektronik (E-KTP)

Bertempat di Hotel Bumi Wiyata, Selasa(16/08) Biro Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat  melakukan sosialisasi Penerapan KTP Elektronik (E-KTP) di Kota Depok Provinsi Jawa Barat.  Penertiban KTP elektronik ini adalah pengeluaran KTP baru atau penggantian KTP karena habis masa berlakunya, pindah datang, rusak atau hilang.

Kriteria Penentuan Kabupaten/Kota Dalam Penerapan e-KTP adalah kabupaten/kota yang telah memenuhi kriteria antara lain: Nomenklatur, Instansi Pelaksana adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Aplikasinya menggunakan SIAK untuk pelayanan Pendaftaran Penduduk (Dafduk) dan catatan sipil (Capil), Landasan Hukumnya memiliki Perda tentang Adminduk yang mengacu pada regulasi nasioanal bidang adminduk.

Adapun Tujuan Administrasi Kependudukan adalah :

  1. Tertib Database Kependudukan
  2. Tertib Penerbitan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  3. Tertib Dokumen Kependudukan (KK, KTP, Akte Kelahiran, dll)

Manfaat E-KTP Bagi Masyarakat dan Negara :

  1. Untuk mencegah dan menutup peluang adanya KTP ganda dan KTP palsu sehingga memberikan rasa aman dan kepastian hukum bagi masyarakat
  2. Untuk mendukung terwujudnya database kependudukan yang akurat, khususnya berkaitan dengan data penduduk wajib KTP yang identik dengan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4), sehingga DPT Pemilu yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi.
  3. Dapat mendukung peningkatan keamanan negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP ganda dan KTP palsu, di mana selama ini para kriminal (contoh: teroris) selalu menggunakan KTP gandan dan KTP palsu.
  4. E-KTP merupakan KTP nasional yang sudah memenuhi semua ketentuan yang diatur dalam UU no. 23 tahun 2006 dan Perpres no. 26 tahun 2009, sehingga berlaku secara nasional, dengan demikian mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Lembaga Pemerintah dan Swasta, karena tidak lagi memerlukan KTP setempat.

Perekaman Database E-KTP

Dalam pelaksanaan perekaman Database E-KTP diperlukan perhatian penduduk sebagai berikut:

  1. Penduduk (wajib KTP) yang diundang datang ke lokasi perekaman data dengan membawa undangan, fotocopy KK dan KTP
  2. Sesuai urutan kedatangan, penduduk diverifikasi data kependudukannya yang dilanjutkan dengan pemotretan, scan sidik jari, dan tandatangan
  3. Biodata penduduk yang tersimpan di dalam Database Kependudukan berbasis NIK, dan data sidik jari yang tersimpan dalam database sidik jari, dapat tersimpan dalam chip yang terdapat pada E-KTP
  4. Manfaat chip :
  • Sebagai alat penyimpan data elektronik penduduk yang diperlukan, termasuk data biometric
  • Data yang termuat dalam chip dapat terbaca secara elektronik dengan alat baca di mana saja
  • Chip dilengkapi dengan pengaman data di dalam chip itu sendiri
  • Dapat berfungsi untuk berbagai kebutuhan (multiguna) seperti IDcard, ATM, access card, dan relatif mudah diintegrasikan dengan sistem lain.

Sempurnakan KTP anda dengan E-KTP.

777 Total Views 2 Views Today
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

86 komentar

  1. saya baru punya ktp depok, bagaimana suapaya bisa beralih ke ektp?
    RT tempat saya kurang koorporatif mohon bantuan informasinya

    terima kasih

    Wassalam.
    Faza
    Deltafm

  2. Call Center

    kepada sdr ghufron yth.
    terimakasih atas partisipasinya dalam website pemkot depok

    warga yang belum melaksanakan perekaman E-KTP dapat melakukan perekaman E-KTP hanya di Kantor Kelurahan Tertentu sebagai berikut :
    1. Kelurahan Kedaung
    2. Kelurahan Pasir Putih
    3. Kelurahan Pondok Petir
    4. Kelurahan Duren Seribu
    5. Kelurahan Cinere
    6. Kelurahan Grogol
    7. Kelurahan Beji
    8. Kelurahan Kukusan
    9. Kelurahan Pancoran Mas
    10. Kelurahan Depok
    11. Kelurahan Mekarjaya
    12. Kelurahan Baktijaya
    13. Kelurahan Cilodong
    14. Kelurahan Sukamaju
    15. Kelurahan Cipayung Jaya
    16. Kelurahan Ratu Jaya
    17. Kelurahan Sukamaju Baru
    18. Kelurahan Cimpaeun
    19. Kelurahan Tugu
    20. Kelurahan Cisalak Pasar

    semoga informasi ini dapat bermanfaat
    terima kasih
    call center

  3. suami saya e-ktp nya hilang..bagaimana proses mengurusnya dan apakah bisa diwakilkan?

  4. Call Center

    kepada sdr maya yth
    terimakasih atas partisipasinya dalam website pemkot depok

    mohon untuk lapor dahulu ke kepolisian untuk kehilangannya setelah itu ke kelurahan untuk tindaklanjut pembuatan e-ktpnya. disarankan untuk pengurusan nya yg bersangkutan sendiri.

    Semoga informasi ini dapat bermanfaat
    terima kasih
    callcenter

  5. ktp siak saya hilang, saya sudah mendapatkan e-ktp, sedangkan saya diminta oleh pak rt untuk menyerahkan ktp siak saya, apakah saya harus membuat ulang ktp siak saya?

  6. Call Center

    kepada sdr triza yth
    terima kasih atas partisipasinya dlm pemkot depok

    untuk pengambilan e-ktp nya hrs disertai dengan penyerahan ktp lama sdr triza. jadi jika ktp lama nya hilang disarankan untuk membuat lg ktp lamanya dahulu.

    semoga informasi ini bs bermanfaat
    terimakasih
    call center

  7. kalo saya warga cinangka – sawangan bisa ga rekam e ktp di keluarahan mana ya?dilist yang bapak ibu sebutkan sepertinya tidak ada

    terima kasih

    wassalam,
    Faza
    DeltaFM

  8. Call Center

    kepada sdr faza yth
    terima kasih atas partisipasinya dlm website pemkot depok

    untuk kecamatan sawangan, sdr faza bisa datang langsung ke Kelurahan Pasir Putih (Jl. Raya Pasir putih ) untuk perekaman e-ktp nya.

    semoga informasi ini dapat bermanfaat
    terima kasih
    call center

  9. saya warga sawangan depok, belum sempat membuat e-ktp. kalo saya ingin membuatnya sekarang saya harus datang kekelurahan mana ya? minta alamat lengkap kantor kelurahannya ya. terima kasih

  10. Call Center

    kepada sdr Dewi yth
    terima kasih atas partisipasinya dalam website pemkot depok

    perekaman e-ktp saat ini untuk di Kecamatan Sawangan Depok berada di Kelurahan Pasir Putih (Jl. Raya Pasir putih No. 1 RT 4 RW 2) dan di Kelurahan Kedaung (Jl. Raya Ketapang No 5 RT 1 RW 2), sdr dewi bisa datang langsung ke salah satunya alamat tersebut.

    semoga informasi ini dapat bermanfaat
    terima kasih
    call center

  11. saya warga kp. cilangkap-tapos depok sy blm buat e-ktp, bagaimana pengurusannya..terima ksih..

  12. Call Center

    kepada sdr suryadi yth

    untuk perekaman e-ktp bisa datang langsng ke kelurahan yang terdekat dengan bapak di kecamatan tapos, diantara nya di kelurahan sumakaju baru, kelurahan sukatani, dan kelurahan cimpaeun. untuk lebih jelasnya silahkan buka link ini: http://www.depok.go.id/09/04/2013/07-kependudukan-kota-depok/jadwal-perekaman-ulang-e-ktp-depok.

    semoga informasi ini dpt bermanfaat
    terima kasih

  13. salam ..saya warga depok pa.saya telat membuat eKTP di kelurahan.sekarang fasilitas tersebut sudah tidak ada lagi.apakah benar mengurus eKTP sekarang berada di disduk yang bertempat di kantor walikota depok.terima kasih pa.dirgahayu kota DEPOK .

  14. selamat pagi, saya mau tanya,saya warga kp susukan citayam,dan saya blm mempunyai e ktp, sedangankan ktp lama saya hilang bagaimana cara mengurusnya, terima kasih

  15. Call Center

    kepada sdr yuniardi yth

    untuk perekaman e-ktp nya silahkan datang langsung ke disdukcapil pemkot depok. sedangkan untuk KTP yg hilang nya mohon di urus untuk pembuatan KTP nya, krn nnti saat pengambilan E-KTP sdr yuniardi harus disertai dengan penyerahan KTP sdr yuniardi yg masih berlaku.

    terima kasih

  16. Call Center

    kepada sdr vikey yth

    mohon maaf, untuk perekaman e-ktp nya bisa datang langsung ke Disdukcapil Depok yg berada di Jalan Margonda No.54 dengan membawa KTP lamanya.

    terima kasih

  17. Kapan pembuatan e-KTp di daerah tapos depok, kelurahan sukamaju? Apakah pada tahun ini?

  18. Call Center

    kepada sdr mogu yth

    untuk perekaman e-ktp nya silahkan datang saja langsung ke Disdukcapil Kota Depok atau bisa elakukan perekaman di e-ktp keliling.

    terima kasih

  19. mengurus ktp yang hilang resminya dibutuhkan berapa hari??dikelurahan cimanggis perlu waktu 2 minggu untuk mendapatkan kembali ktp baru.apa tidak bisa dipersingkat??terimakasih

  20. Call Center

    kepada sdr ansye yth

    untuk pengurusan KTP yg hilang / rusak memang membutuhkan waktu penyelesaian 14 hari. dan untuk kena retribusi jika KTP HILANG/RUSAK sebesar Rp. 30.000

    terima kasih

  21. Selamat Siang,
    Saya sudah menerima e-ktp di tahun 2012, namun e-ktp istri saya ada kesalahan pada alamatnya dan sudah dikembalikan melalui pengurus RT ke kelurahan Cilodong. kapan menerima lagi e-ktpnya? . Masa berlaku KTP lama akan segera berakhir,apakah ini perlu diperpanjang? kalau di urus dari 2 minggu sebelum masa berlaku habis kapan KTP lama bisa selesai?
    Terima kasih

  22. Call Center

    kepada sdr chairun yth

    mohon maaf untuk keterlambatan proses pencetakan e-ktp nya. tetapi jika masa belaku ktp nya sdh mw berakhir, mohon diperpanjang kembali KTP tsb, krn nnti KTP yg berlaku tsb akan ditukar dengan pengambilan e-ktp nya (jika sdh selesai dicetak e-ktp tsb).

    terima kasih

  23. Sy belum sempat ganti e ktp, dan ktp lama akan berakhir feb 2014, klo saya mau bikin e ktp kemana ya… sy tinggal dirangkapan jaya baru? kelurahan ato langs disdukcapil ? bisa gak sekalian bikin kk mengingat anak saya blm msk dlm kk, terima kasih

  24. Call Center

    kepada sdr bibah yth

    untuk perekaman e-ktp nya bisa dilakukan dikelurahan2 yg telah ditentukan. silahkan buka link ini: http://www.depok.go.id/09/04/2013/07-kependudukan-kota-depok/jadwal-perekaman-ulang-e-ktp-depok

    terima kasih

  25. call center yth
    saya sdh mempunyai e-ktp tetapi e-ktp saya hilang
    syarat-syarat untuk membuat e-ktp bru apa saja?
    berapa biayayanya?
    berapa lama prosesnya?
    apakah bsa di wakilkan?
    terima kasih

  26. Call Center

    kepada sdr arie yth

    untuk e-ktp nya yg hilang, silahkan melakukan pencetakkan ulang di Disdukcapil Kota Depok dengan membawa surat keterangan hilang dr RT/RW dan kepolisian. untuk waktu selesai e-ktp nya, itu tergantung dari Kemendagri nya. krn semua pencetakkan e-ktp dilakukan di Kemendagri.

    terima kasih

  27. Salam

    Saya baru punya ktp depok di keluarahan abadijaya, bagaimana supaya bisa beralih ke ektp?
    saya tidak mendapatkan informasi sosialisasi e-ktp.

    Dari daftar kelurahan yang bisa melakukan e-ktp susulan diatas, kelurahan abadijaya tidak termasuk didalamnya.

    Mohon pencerahannya.

    terima kasih

  28. Call Center

    kepada sdr festri yth

    untuk perekaman e-ktp nya bisa dilakukan di kelurahan yg masih 1 kecamatan dgn domisili sdr festri.

    terima kasih

  29. E-KTP saya hilang namun saya telah melapor ke kelurahan dan telah mendapat KTP pengganti (yang bukan E-KTP). Bagaimana keberlakuan KTP pengganti itu? Apakah sama sahnya seperti E-KTP atau tidak? Dan apakah perlu mengganti dengan E-KTP kembali? Bagaimana cara mengurus E-KTP yang baru? Ataukah dengan mengurus ke kelurahan berarti E-KTP saya telah secara otomatis diuruskan oleh pihak kelurahan? Cat: saya bermukim di Kel. Mampang, Kec. Pancoran Mas)

  30. Call Center

    kepada sdr dewi yth

    untuk KTP pengganti tersebut hanya bersifat sementara sebagai pengganti ID sdr dewi, karena nanti nya jika E-KTP sdr dewi sdh selesai dicetak kembali dr Kantor Pusat (Kemendagri) maka untuk pengambilan E-KTP tsb nanti nya dapat ditukar dengan KTP pengganti sementara sdr dewi yg masih berlaku.

    terima kasih

  31. E-ktp saya hilang, saya sudah mengurus surat hilang ke kantor polisi dan meminta surat keterangan dari RT RW , apakah saya harus mengurus di kelurahan saja atau di balai walikota depok?
    karena tahun lalu saya juga pernah kehilangan dan ternyata harus mengurus ke balai kota, dan itu agak memberatkan karena kelurahan lebih dekat dibandingkan harus ke balai walikoata depok. trims

  32. assalami’alaikum maaf saya mau tanya bagaimana cara saya bikin KTP DI depok

    sedangkan. ktp saya yg lama sudah mati selama 7 thn

    sedangkan nomor NIK saya

    di kampung tidak ada
    saya pertama bikin KTP DI jkrta
    yg sudah mati itu

    mohon penjelasannya
    terima kasih
    wassalam..

  33. Call Center

    kepada sdr ilma yth

    mohon maaf, memang itu sdh prosedurnya jika terjadi kehilangan e-ktp nya. krn nnti dr Disdukcapil Kota Depok akan di proses lg ke Kemendagri untuk pencetakkan ulang nya.

    terima kasih

  34. Call Center

    kepada sdr syafriadi yth

    sebagai salah satu syarat pembuatan KTP di depok silahkan buka link ini: http://www.depok.go.id/09/04/2013/07-kependudukan-kota-depok/jadwal-perekaman-ulang-e-ktp-depok.

    terima kasih

  35. Assalamua`alaikum. Saya sedang berdomisili di cileungsi saat ini karna pekerjaan, tapi ktp saya Depok (pasir putih). Saya belum mempunyai e-ktp dan beberapa waktu lalu ktp saya kena air dan rusak. Apakah saya harus melapor ke kepolisian terlebih dahulu ataukah bisa langsung ke kelurahan. Dan apa saja syaratnya untuk bisa memiliki KTP baru. Satu lagi, apakah saya membuat ktp biasa atau e-ktp. Terima kasih jawabannya.

  36. Call Center

    kepada sdr ibadi yth

    untuk perekaman E-KTP nya silahkan datang kekelurahan Pasir Putih dengan membawa KTP dan KK nya. dan untuk KTP nya yg rusak dan sdh tdk terbaca lg, mohon dilakukan pergantian KTP di kelurahan nya. karena nanti untuk pengambilan E-KTP yg sdh tercetak harus disertai dengan penyerahan KTP sdr ibadi yg masih berlaku.

    terima kasih

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*