Belimbing Dewa merupakan nama buah yang tidak asing di telinga kita. Khususnya kita sebagai warga Depok. Buah belimbing adalah buah istimewa yang menjadi icon dan kebanggaan Kota Depok.

Selain memiliki  rasa yang manis  ternyata belimbing memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah sumber vitamin A dan C yang berfungsi sebagai antioksidan yang tangguh dalam memerangi radikal bebas, energi kalori, protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B1, serat, dan air.

Bukan hanya itu saja, belimbing juga memiliki kandungan serat yang baik sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan, mengandung kadar kalium tinggi, serta natrium yang rendah sebagai obat hipertensi. Buah ini, juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, guna mencegah timbulnya penyakit hepatitis.

Manfaat lain dari buah belimbing yaitu dapat membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari sariawan.

Belimbing juga mengandung pektin yang terdapat pada dinding sel belimbing. Manfaat dari pektin adalah mengikat kolesterol dan asam empedu yang terdapat dalam usus serta membantu pengeluarannya.

Melihat banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah belimbing, maka tidak ada salahnya jika kita membiasakan diri mengkonsumsi buah ini setiap hari serta membudidayakannya. (TFK)