Press Releas
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Jum`at, 17 Agustus 2012

Upacara Peringatan HUT ke-67 Republik Indonesia merupakan ungkapan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah mengantarkan Indonesia menjadi negara yang merdeka dan berdaulat, lepas dari belenggu penjajahan. Indonesia telah berusia 67 tahun, usia yang relatif cukup untuk semakin mengokohkan jati diri sebagai sebuah bangsa, dunia. Beragam keberhasilan pembangunan telah diraih, akan tetapi, kita pun tidak bisa menutup mata bahwa masih banyak permasalahan bangsa yang belum terselesaikan dan perlu proses untuk menyelesaikannya. Sesuai dengan tema HUT Kemerdekaan ke-67 Republik Indonesia kali ini adalah “DENGAN SEMANGAT PROKLAMASI 17 AGUSTUS 1945, KITA BEKERJA KERAS UNTUK KEMAJUAN BERSAMA, KITA TINGKATKAN PEMERATAAN HASIL – HASIL PEMBANGUNAN UNTUK KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.”

Upacara Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan KE-67 Republik Indonesia Tingkat Kota Depok Tahun 2012 berlangsung penuh hikmat dilapangan Balaikota Depok. Dihadiri oleh: Walikota Depok H. Nur Mahmudi Isma`il selaku inspektur upacara, Wakil Walikota Depok KH. Idris Abdul Somad, Ketua, Wakil Ketua, dan seluruh anggota DPRD Kota Depok, Unsur Muspida, Sekretaris Daerah dan para Kepala OPD Se-Kota Depok beserta jajarannya, para Pejuang dan keluarga Pejuang Kemerdekaan, para Pejabat Sipil, TNI dan POLRI, para siswa, undangan dan peserta upacara serta segenap Masyarakat Kota Depok.

Dalam sambutannya Walikota Depok menyampaikan bahwa “dalam era mengisi kemerdekaan, sejalan dengan semangat desentralisasi yang kini berkembang dari pusat hingga ke daerah, kemajuan secara nasional dipengaruhi oleh kontribusi pembangunan daerah termasuk kontribusi kita yang berada di Kota Depok. Pada tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2012-2016, Kota Depok mempunyai visi “Terwujudnya Kota Depok Yang Maju Dan Sejahtera”. Visi ini mengandung pengertian bahwa pada akhir tahun 2016 Kota Depok akan menjadi salah satu kota yang maju dalam memberikan pelayanan publik dan penyediaan infrastruktur, serta warganya berpendidikan tinggi dan berakhlak mulia. Selain itu juga, warga kota mendapatkan dan merasakan kenyamanan, aman, sentosa dan makmur sesuai standar hidup layak.  Sebagaimana telah diamanatkan dalam RPJMD pemerintah Kota Depok sedang berupaya untuk melaksanakan beberapa program antara lain adalah : Program Pengembangan Kota Hijau, Kota Sehat, Penanggulangan kemiskinan, Program percepatan pembangunan sanitasi permukiman. Tantangan pembangunan dan pemerintahan di Kota Depok pada masa yang akan datang semakin berat. Diantaranya: Perkembangan penduduk, Atas Terbangunnya jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) & Depok-Antasari (Desari), Kemajuan Teknologi Informasi (TI) yang sedemikian pesat. Berkat kerjasama semua pihak dan komunitas , Kota Depok telah berkembang cukup pesat dalam berbagai bidang yang terlihat dari meningkatnya pendapatan masyarakat, turunnya angka pengangguran, berkembangnya akses masyarakat terhadap berbagai kebutuhan dasar, akses terhadap kebijakan publik, serta meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), “jelasnya.

Tak lupa Walikota mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar momentum peringatan HUT Kemerdekaan ke-67 RI dapat menjadi momentum berharga untuk menjaga integrasi sosial kita sebagai warga Depok dan menghindari perpecahan bangsa. Pandangan politik boleh berbeda, baju yang kita pakai juga boleh berbeda, organisasi kita juga boleh berbeda namun yang jelas kita dalam satu bingkai kebersamaan tujuan yaitu NKRI, tauladani nilai-nilai sakral para pejuang kemerdekaan kita yaitu nilai persatuan dan kesatuan yang telah membuahkan hasil berupa kemerdekaan, “tutur Beliau.

SATU HATI, SATU VISI, DAN SATU TUJUAN MENUJU TERWUJUDNYA DEPOK YANG MAKIN MAJU DAN SEJAHTERA. DIRGAHAYU KEMERDEKAAN KE-67 REPUBLIK INDONESIA, SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA! Pada kesempatan ini, beberapa penghargaan diberikan kepada; Masyarakat dan Lembaga, Guru, Siswa dan Pegawai di berbagai bidang. (wg)

Kepala Bagian
Humas dan Protokol Setda Kota Depok
Diah Sadiah, S.Sos.MSi