pramukeeSebanyak 30 regu Pramuka Penggalang yang terdiri dari 20 regu putri dan 10 regu putra melakukan jelajah kota Depok, Selasa (18/06/2013). Selain untuk memeriahkan HUT Pramuka ke-52, kegiatan ini dilakukan untuk melatih anggota Pramuka agar lebih mencintai lingkungan juga mengenal kondisi dan lingkungan di Depok. “Kegiatan ini dibagi menjadi lima pos, masing-masing pos memiliki uji kompetensi keterampilan pramuka bagi regu pramuka penggalang,” ujar Sariyo Sabani, selaku Kepala Kwartir Cabang (Kawarcab) Depok.

Kegiatan ini dimulai di Pos 1 yang berada di Kantor Balaikota Depok, di pos ini para anggota pramuka penggalang diberikan motivasi untuk menumbuhkan keberanian mereka. Bentuk motivasi berupa tausiah agama dari Istri Wakil Walikota Depok, Elly Farida.  Mereka pun diajak untuk dapat berani tampil berdialog dihadapan puluhan regu pramuka penggalang lainnya.

“Pos 2 berada di Kantor Badan Narkotika Nasional Kota Depok di Sukmajaya. Anggota Pramuka harus tahu tentang tugas dan peranan BNN, yaitu untuk menangani peredaran narkotika khususnya di Depok. Karena itu, mereka pun harus juga paham bahwa zat adiktif tersebut janganlah dikonsumsi khususnya oleh generasi muda,” tambah Sariyo.

Selain anggota Penggalang, pada Jelajah Kota ini para anggota pramuka Siaga pun turut andil dalam menyemarakkan HUT Pramuka Ke 52 ini. ” Pramuka Siaga dipusatkan melakukan lomba tari di Pusat Perbelanjaan Depok Town Square (Detos) dihari yang sama, ” katanya.

Pada kegiatan di Detos itu anggota penggalang pun turut hadir untuk melihat pertunjukkan adik-adik pramuka siaga tersebut. “Karena pos terakhir bagi penggalang berada di Detos. Jadi, adik-adik pramuka siaga dapat menghibur kakak-kakak penggalang setelah berjibaku mengikuti jelajah kota Depok,” ujar mantan Kasat Pol PP Depok ini mengakhiri. (Diskominfo/Rysko)