Kesehatan adalah aset masa depan dan merupakan modal untuk terciptanya hidup yang sejahtera. Banyak faktor penunjang agar hidup kita dapat sehat. Salah satunya adalah ditopang dengan lingkungan yang bersih. Dapat dikatakan keduanya bagaikan 2 sisi mata uang (Logam) analoginya mau sehat harus bersih dan mau bersih maka akan sehat.

Ada  sebelas indikator perilaku yang digunakan dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), antara lain tidak merokok, persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif, imunisasi, balita ditimbang, sarapan pagi, makan buah dan sayur, cuci tangan, gosok gigi, rajin olahraga.

Dari aspek lingkungan PHBS  harus memenuhi tujuh indikator seperti  tersedianya jamban, air bersih, bebas jentik, pemilahan sampah, sistem pembuangan air limbah (SPAL), ventilasi, lantai dan kepadatan rumah.

Menurut Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok dr. Nova menyatakan bahwa,” Banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat jika menerapkan PHBS, diantaranya  dapat menjauhkan masyarakat dari penyakit, seperti Demam Berdarah,” jelasnya saat ditemui di Kantor Dinas Kesehatan Jalan Margonda Raya Rabu (12/5).

Dr. Nova menambahkan tujuh indikator PHBS dipastikan dapat berpengaruh pada menurunnya tingkat populasi nyamuk, karena jika kita menerapkan PHBS dengan baik, maka akan menguatkan anti body  sehingga bisa menangkal virus demam berdarah dalam tubuh.

“Namun tidak lupa pula lakukan tindakan cegah gigitan nyamuk dengan obat nyamuk, kawat kasa pada jendela atau ventilasi, obat anti nyamuk oles atau semprot, atau tidur menggunakan kelambu dapat menjadi alternatif yang cukup efektif dan lakukan fogging secara berkala,” ujarnya.