logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Dinaskersos: Kami Siap Tangani Anak Jalan Di Kota Depok

Masalah anak jalan bukanlah sebuah permasalahan baru, fenomena sosial ini kerap terjadi di kota-kota besar di tanah air, seperti halnya Kota Depok kota yang baru berumur 10 tahun ini pun juga ikut merasakan fenomena tersebut.

Namun anak jalanan biar bagaimanapun tetap merupakan aset bangsa yang memiliki hak untuk tumbuh dan berkembang dengan optimal, sayangnya hidup di jalanan itu sangat membahayakan jiwa mereka baik secara pisik ataupun psikologis.

Sesuatu yang pasti terjadi oleh anak jalanan di Depok ini adalah bahwa mereka kerap kali mengalami eksploitasi ekonomi oleh orang dewasa dan orang tuanya .

Mereka rentan terhadap kekerasan fisik, sosial dan seksual dan mereka juga sering terpaksa harus menjadi pengguna dan pengedar Narkoba atau terlibat kejahatan.

Yang sangat disayangkan lagi adalah umumnya anak jalanan tidak lagi hidup bersama keluarganya, tidak bersekolah, dan tidakĀ  memiliki orang dewasa atau lembaga yang merawat mereka.

Berdasarkan penelitian, faktor penyebabnya adalah karena kemiskinan yang diyakini sebagai sumber permasalahan utama yang melahirkan fenomena anak jalanan. Sebab banyak keluargaĀ  miskin cenderung menyuruh anak mereka bekerja. Selain itu, tidak sedikit anak-anak yang menjadi anak jalanan karena keluarga tidak harmonis dan ditelantarkan oleh keluarganya.

Menyikapi kasus ini Kepala Dinaskersos Kota Depok Abdul Haris mengatakan bahwa, ā€penanggulangan anak jalanan di Kota Depok itu beragam, namun pastinya yang biasa kami lakukan adalah dengan melakukan pendataan, mengindentifikasi permasalahan yang terjadi tehadap diri mereka atau yang biasa kita sebut dengan proses assessment danĀ  memberikan tindakan,ā€ ucapnya.
ā€œAdapun tindakan yang kami berikan yaitu dengan melakukan proses pembinaan, pengembangan dan proses pemberdayaan ataupun proses pemulangan kembali ke orang tuanya agar tidak menjadi lagi anak jalanan, jadi kami siap menangani kasus anak jalanan di Kota Depok,ā€ ucapnya. (TD)

100 Total Views 2 Views Today
Tags: , , ,
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

2 komentar

  1. coba deh perbanyak sanggar2 seni jalanan, buat festival seni, berikan mereka kanvas untuk melukiskan amajinasi, temukan identitas positif dan apresiasi bagi karya originalnya

  2. coba lebih di publikasikan lagi supaya mahasiswa bisa membantu anak jalanan dan peduli pada kotanya

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*