Puskesmas Sukmajaya telah memperoleh ISO 9001 : 2008 sejak tahun 2009. International Organization for Standardization (ISO) 9001 merupakan standart internasional di bidang sistem manajemen mutu yang dikeluarkan pihak independen. Sehingga dikatakan Puskesmas Sukmajaya telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen mutu jasa yang dihasilkan.

Untuk mendapatkan ISO 9001 memiliki dua persyaratan. Pertama telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 sekurang-kurangnya tiga bulan. Kedua lulus audit sertifikasi. Sertifikat ISO 9001 : 2008 berlaku untuk 3 tahun. Dengan dilakukan audit dalam periode 6 bulan sekali atau setahun sekali yang disebut dengan surveilance audit.

Menurut dr. Niar, koordinator ISO di Puskesmas Sukmajaya ditemui kemarin (17/2) mengatakan dengan adanya ISO memberikan manfaat bagi masyarakat atau pihak puskesmas. Misalnya dengan adanya ISO salah satunya rekamedis harus lengkap dari petugas puskesmas. Dengan rekamedis yang lengkap memudahkan bagi dokter untuk memberikan tindakan,  jika dokter yang menangani berbeda dengan sebelumnya. Selain itu jika terdapat komplain dari pasien mengenai pelayanan, pihak puskesmas akan memiliki bukti tertulis yang terdapat di rekamedis.dr. Niar menambahkan dengan audit ISO selama bulan sekali dapat secara cepat melakukan pembenahan pelayanan.

Bulan Juli tahun ini, ISO Puskesmas Sukmajaya akan habis. Untuk itu direncanakan akan dilakukan sertifikasi ulang. Untuk jadwal sertifikasi menurut dr. Niar biasanya sekitar Bulan Juni atau Bulan Desember, Puskesmas Sukmajaya menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Kota Depok.

Masih menurut dr. Niar, selain Basic Medical Services pada tahun 2012 direncanakan akan diajukan untuk sertifikasi yaitu bagian TB. Paru. Namun tentunya perlu kesiapan baik prosedur mutu dan prosedur klinis dari pihak terkait.