Dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 48  Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), lembaga ini mendukung gerakan hemat energi yakni One Day No Car (ODNC) atau sehari tanpa mobil  yang dikampanyekan Kota Depok setiap Selasa.

Kegiatan ini dirayakan dengan bersepeda santai di kawasan Monas, Jakarta, pada Minggu 19 Mei 2013 kemarin. Dalam kesempatan itu Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Isma’il bersama jajarannya turut menggowes sepeda. Dari Monas Nur Mahmudi bersama rombongan melanjutkan menggowes sepeda ke Depok. Jarak yang ditempuh pun sekitar 37 km.

Rute yang ditempuh dari Monas- Thamrin-Sudirman-Gatot Subroto-Mampang-Buncit-TB Simatupang-Lenteng Agung-UI-Kelapa Dua Depok. “Jalan dari Monas itu pukul 08.00 sampai di Depok pukul 11.00 WIB. Istirahat di Soto Balap dekat PT Aneka Tambang,” kata Nur Mahmudi.

Nur Mahmudi menyatakan bahwa bersepeda merupakan salah satu upaya menghemat energi. Dengan bersepeda maka bahan bakar minyak dapat dihemat. Selain hemat energi, bersepeda juga menyehatkan tubuh dan membuat lingkungan jadi bersih.

“Jika sehari penggunaan bensin bisa 20 liter, maka sehari tak menggunakan kendaraan bermotor maka akan menghemat 20 liter. Jika dikalikan ribuan orang maka ribuan liter bensin yang bisa dihemat. Banyak manfaat lain dari bersepeda,” tuturnya.

Nur Mahmudi menyatakan, Depok sudah memulai dengan gerakan Car Free Day. “Ada di Grand Depok City. Tapi gerakan yang lebih konkrit juga ada yakni One Day No Car (ODNC),” paparnya. (Diskominfo/Feny)