logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC, Kota Belimbing logodepokPertanyaan, saran dan konfirmasi mengenai pengaduan terkait Penerimaan CPNSD Depok TA. 2014 dapat menghubungi BKD dengan email: bkd@depok.go.id Telp. 021-29402279 logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Syarat Mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial

Kartu Perlindungan Sosial (KPS) adalah Kartu yang ditertibkan oleh Pemerintah Indonesia dalam rangka Progam Percepatan dan Perluasan Sosial (P4S). dengan memiliki KPS, rumah tangga berhak menerima program-program perlindungan social, seperti : Raskin dan Bantuan Siswa Miskin (BSM), sesuai dengan ketentuan yang berlaku hingga tahun 2014. KPS memuat informasi Nama Kepala Rumah Tangga, Nama Pendamping Kepala Rumah Tangga, Nama Anggota Rumah Tangga, Alamat Rumsh Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas KPS yang unik. Bagian depan bertuliskan Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.

Sebagai penanda Rumah Tangga Miskin, Kartu Perlindungan Sosial ini berguna untuk mendapatkan manfaat dari ProgramSubsidi Beras untuk masyarakat yang berpenghasilan rendah atau dikenal dengan Program RASKIN. Selain itu KPS dapat juga digunakan untuk mendapatkan manfaat program Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Pemerintah mengeluarkan Kartu Perlindungan Sosial ini kepada 15,5 juta Rumah Tangga Miskin dan rentan yang merupakan 25% Rumah Tangga dengan status social ekonomi terendah di Indonesia.

Kartu Perlindungan Sosial dikirimkan langsung ke alamat Rumah Tangga sasaran (RTS) oleh PT Pos Indonesia (Persero).

Syarat dan Ketentuan

1)    Kepala Rumah Tangga beserta seluruh Anggota Rumah Tangganya berhak menerima Program Perlindungan Sosial sesuai ketentuan yang berlaku.

2)    Kartu ini harus disimpan dengan baik, kehilangan atau kerusakan Kartu menjadi tanggung jawab Pemegang Kartu.

3)    Penerimaan Program Perlindungan Sosial harus dapat menunjukan kartu ini pada saat pengambilan manfaat program.

4)    Kartu tidak dapat dipindahtangankan.

5)    Nomor Kartu Keluarga yang tercantum pada KPS tidak menjadi persyaratan utama bagi penerimaan kartu untuk memperolehan manfaat dari program perlindungan social.

Manfaat Kartu Perlindungan Sosial (KPS) adalah KPS membantu memastikan agar rumah tangga miskin dan rentan dapat menerima manfaat dari Program Perlindungan Sosial yang berhak diterimanya sehingga membantu upaya rumah tangga untuk keluar dari kemiskinan.

Cara penyampaian Kartu Perlindungan Sosial (KPS) adalah KPS dianter langsung oleh PT. Pos Indonesia (Persero) ke Rumah Tangga Sasaran sekitar bulan Juni 2013, tanpa dikenai biaya apapun.

Sumber Data Kartu Perlindungan Sosial adalah data Rumah Tangga Sasaran (RTS) bersumber dari Basis Data Terpadu (BDT) yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Pendataan RTS telah dilakukan sebanyak tiga kali oleh Badan Pusat Statistik (BPS), yaitu : Pendataan Sosial Ekonomi (PSE) pada tahun 2005, Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) pada tahun 2008, dan yang terakhir PPLS pada tahun 2011.

Dalam rangka meningkatkan keakuratan data RTS, metodelogi pendataan RTS disempurnakan, yang mana penyempurnaan metodelogi tersebut dikoordinasikan oleh TNP2K. Pendataan di lapangan untuk mencacah seluruh karakteristik Rumah Tangga sasaran dilakukan oleh BPS. Hasil pencacahan tersebut disampaikan kepada TNP2K untuk diolah sehingga menghasilkan 40% data Rumah Tangga dengan status sosial ekonomi terendah. Data tersebut kemudian dikelola sebagai Basis Data Terpadu (BDT).

Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT), diputuskan bahwa KPS diberikan kepda 25% Rumah Tangga dengan status sosial ekonomi terendah. Sebagaimana diketahui, bahwa jumlah penduduk yang hidup di bawah garis kemiskinan pada bulan September 2012. Maka, pemberian KPS tidak hanya mencakuo yang miskin namun juga mencakup mereka yang rentan.

(Diskominfo/Feny)

 
2213 Total Views 8 Views Today
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

6 komentar

  1. saya ingin mendaftarkan kartu perlindungan sosial karena saya keluarga kurang mampu

  2. Call Center

    kepada sdr tri yth

    untuk kepengurusan KPS nya silahkan hub Dinas Tenaga Kerja dan Sosial/Disnakersos (Gedung Dibaleka II Komplek Balaikota Depok Lantai 8, Jl. Margonda Raya No. 54 Depok, Telp.(021) 29402280 )

    terima kasih

  3. Saya tinggal di singaraja bali, saya ingin mendaftarkan kartu perlindungan sosial karen saya termasuk keluarga kurang mampu, penghasilan saya Rp.800 ribu perbulan dengan satu istri dan tiga anak, saya bekerja sebagai honorer sekolah. Alamat saya di Jln. Gajah Mada ling, Tegal Mawar Singaraja Bali, alamat sekolah tempat saya bekerja: SMA negeri 4 singaraja Jl. Melati ( mumbul) Singaraja Bali. Tolong Bantu Saya untuk mendapatkan Kartu Perlindungan Sosial. Terima Kasih

  4. pak / bu saya mau daftar KPS nya, kalau di kolom ini bisa sekalian daftar tidak? atau harus kemana?
    mohon info nya… trimakasih

  5. Call Center

    kepada sdr i ketut maliawan yth

    mohon maaf, untuk pembuatannya sesuai KTP domisili.

    terima kasih

  6. Call Center

    kepada sdr yessi yth

    untuk pembuatan KPS nya silahkan datang lngsng ke Dinas Tenaga Kerja dan Sosial/Disnakersos (Gedung Dibaleka II Komplek Balaikota Depok Lantai 8, Jl. Margonda Raya No. 54 Depok, Telp.(021) 29402280 )

    terima kasih

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*