Dinas Kesehatan Kota Depok menggelar Forum Kota Sehat di Aula Lantai I Balaikota Depok, Senin (21/1/2013) dengan tema Melalui forum kota sehat kita tingkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kota Depok sehat.  Forum ini dihadiri Ketua TP PKK Kota Depok Hj. Nur Azizah Tamhiz, narasumber  dan peserta dari kecamatan dan kelurahan.

Forum sehat kali ini mengumumkan kecamatan dan kelurahan yang dipersiapkan untuk kota sehat. Ada enam kecamatan untuk tahun 2013 yaitu Kecamatan Cimanggis, Tapos, Sukmajaya, Sawangan, Limo dan Pancoran Mas. Selanjutnya ada dua kecamatan tambahan untuk tahun 2014 yaitu Kecamatan Beji dan Cinere. Pada tahun 2015, tiga kecamatan diusulkan yaitu Kecamatan Cipayung, Cilodong dan Bojongsari.

Ada tiga orang narasumber yang membawakan materi masing-masing dr. Zarfiel Tofal, MPH dari FKM UI membawakan  materi “Menuju Kota Sehat”, Narasumber kedua dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Bapak Yulianto tentang Kota Sehat dan yang terakhir dari Bappeda Kota Depok Ibu Betty S, SKM, MKM terkait Kota Sehat.

Dr. Zarfiel Tofal mengungkapkan Kota Sehat adalah yang terus berupaya meningkatkan kesejahteraan fisik, mental dan sosial serta lingkungan penduduk yang tinggal dan bekerja disana. Kriteria kota sehat di Indonesia sekarang mengutamakan aspek kesehatan.

Kriteria Kota Sehat antara lain lingkungan fisik yang bersih dan aman, ekosistem yang stabil , masyarakat saling tolong menolong, peranserta dan kontrol publik, akses terhadap pelayanan kesehatan publik, dan derajat kesehatan yang tinggi.

Ada beberapa langkah yang harus ditempuh untuk menuju kota sehat antara lain rekonsiliasi semua pemangku kepentingan, melakukan asesmen, mentukan tujuan dan prioritas, Menyusun Plan of Action, Membagi tugas, melaksanakan dan memantau bersama serta mengevaluasi dan memberlanjutkan bersama.

Foto Terkait: