unggas

Ilustrasi Bio security. (Foto : Istimewa)

depok.go.id – Upaya menjaga kesehatan dan meminimalisir penyakit pada hewan khususnya unggas, dilakukan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok dengan mengimbau para peternak untuk menerapkan Bio Security secara ketat.

“Bio security adalah usaha untuk menjaga suatu daerah dari masuknya penyakit, menjaga tersebarnya penyakit dari daerah tertentu, dan menjaga agar suatu penyakit tidak menyebar di dalam daerah tersebut,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida di ruang kerjanya, Jumat (21/04/17).

Dikatakannya, ada enam cara yang bisa dilakukan untuk menjaga unggas agar tetap sehat, seperti membatasi kandang dengan pagar, menjaga kebersihan dengan mengganti pakaian maupun sepatu selepas dari kandang, mencuci peralatan makan dan minum unggas secara berkala, mengenali lebih dini penyakit unggas dan melaporkan kepada DKPPP jika terjadi kasus hewan mati mendadak.

“Jika bio security dilakukan, maka resiko unggas terjangkit penyakit akan bisa ditekan seminimalisir mungkin. Hal ini juga bisa menjauhkan unggas terserang virus flu burung atau H5N1,” jelasnya.

Dirinya menjelaskan, banyak celah yang dapat membuat penyakit masuk ke dalam kandang, misalnya unggas tertular melalui telur dari flok pembibit yang terinfeksi, virus yang terbawa melalui debu, bulu atau sayap dan kotoran pada peralatan maupun sarana lain serta penularan lewat udara dan air.

“Untuk itu, sebagai peternak harus peka dan protektif terhadap kesehatan unggas. Sebab, jika unggas terjangkit H5N1 maka akan membahayakan manusia. Virus tersebut sifatnya menular dan mematikan bagi unggas maupun manusia,” tutupnya.

Penulis: Vidyanita
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo