IMG-20130921-00644

Pemerintah Kota Depok mengadakan acara perayaan hari anak tingkat Depok di Lapangan Tembak Kostrad TNI Cilodong, Depok, Sabtu (21/09/2013).

Perayaan yang mengusung tema “Gelar Ekspresi Anak Depok: Indonesia yang Ramah dan Peduli Anak Dimulai dari Pengasuhan dalam Keluarga” ini dihadiri oleh ribuan anak di Depok yang berasal dari ratusan sekolah SD dan SMP serta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hadir juga perwakilan dari Forum Anak Depok, yaitu sebuah forum organisasi perkumpulan anak-anak di bawah 18 tahun.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Isma’il menghimbau kepada para orang tua agar jangan menganggap anak menjadi beban. Tetapi anak idealnya merupakan aset bangsa di masa datang.

Para orangtua, lanjutnya harus mampu mengajarkan nilai-nilai berupa sopan santun dan kedisiplinan. Ia juga meminta orangtua agar jangan pelit terhadap anak, namun juga jangan sampai boros.

“Kesempurnaan kombinasi badan dan otaknya membumbungkan potensi kecerdasan dan IQ yang luar biasa, emosi dan spiritual. Perlu dibimbing agar berani tampil di depan orang banyak,” kata Nur.

Nur juga menambahkan agar orang tua harus mengalokasikan biaya bagi anak tepat dengan kebutuhan anak. Jangan sampai boros dan latih kedisiplinan anak. Proses pembentukan sikap harus dilatih sedari dini. Selain itu beliau juga menghimbau agar anak harus dikenalkan dengan jenis pangan lokal seperti singkong, ubi dan sumber karbohidrat lainya.

” Pengenalan pangan lokal dimaksudkan agar anak juga tahu potensi pangan lokal dan lebih mencintai panganan negri sendiri,” ujar Nur.

Acara perayaan Hari Anak ini juga dimeriahkan oleh berbagai tarian dari anak-anak tingkat SD, selain itu ada juga penyerahan hadiah kepada pemenang lomba puisi, vokal grup dan mewarnai yang diselenggarakan kamis kemarin di Balaikota. Selain ada juga penobatan Bunda Paud kepada ketua TP PKK Kota Depok Nur Azizah Tamhid dan penyerahan tanaman kepada UPT sebagai bentuk kepedulian terhadap latihan. IMG-20130921-00639(1)