Kamis (18/10) Kementrian Teknologi Informasi dan Komunikasi RI memberikan penghargaan  ICT Pura kepada 30 Kota dan Kabupaten  Indonesia di Medan.

Penghargaan ICT Pura merupakan penghargaan yang diberikan kepada kota dan kabupaten pemangku kepentingan TIK. Tujuannya adalah agar Kementrian Kominfo memiliki data indikator yang lengkap di bidang TIK, termutakhir, dan terukur hingga tingkat kabupaten dan kota.

Tahun ini terdapat 165 kota dan kabupaten yang telah terpilih untuk diikutsertakan, dan hasilnya ada 30 daerah yang mendapatkan penghargaan terbagi ke dalam 3 kategori, kategori utama, kategori madya dan kategori muda, serta penghargaan khusus bagi daerah dengan potensi pengembangan IT.

Untuk kategori utama, ada 9 daerah yang memperoleh penghargaan, yakni Kota Palopo, Kab. Badung, Kab. Aceh Barat, Kab. Banyuasin, Kab Cirebon, Kab. Gresik, Mandailing Natal dan Kab. Banyumas.

Kategori madya, penghargaan diberikan kepada 9 daerah, yakni Kabupaten Garut, Kota Kediri, Kota Batu, Kota Binjai, Kota Tanjung Balai, Kab Pekalongan, Kab Sinjai, Kota Tebing Tinggi dan Kota Sukabumi.

Untuk kategori muda terdapat 9 daerah; masing-masing Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Jepara, Kab Sidoarjo, Kuantan Sengingi, Kab Bolaang Mongondow Timur, Kota Tangerang Selatan, Kota Solok dan Kab Halmahera Utara. Kota dan kabupaten yang termasuk dalam kategori muda merupakan kota yang dinilai hampir siap untuk menghadapi era ekonomi digital.

Penganugerahan ICT Pura bertempat di Kota Medan, kota ini mendapatkan ranking pertama kategori utama pada tahun 2011. Kota Medan layak mendapatkan peringkat pertama karena pengelolaan Teknologi Informasinya telah mampu melayani dan meningkatkan kesejahteraan warganya.

Sumber: http://kominfo.go.id/berita/detail/3611/+30+Kabupaten+dan+Kota+Peroleh+Penghargaan+ICT+Pura+Kemenkominfo