Dalam rangka mewujudkan kepemilikan satu Kartu Tanda Penduduk untuk satu penduduk diperlukan kode keamanan dan rekaman elektronik data kependudukan berbasiskan Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK adalah nomor identitas penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia

Dalam tahapan untuk penerapan e-KTP berdasarkan prioritas nasional terdiri dari validasi data kependudukan, penerbitan surat pemberitahuan NIK kepada warga dan penerapan e-KTP.

Menurut Kepala Bidang Kependudukan Disdukcapil Depok Yulistiani Mochtar, data kependudukan Disdukcapil 2010 penduduk Depok berjumlah 1.656.010 jiwa.  Jumlah itulah yang akan diterbitkan surat pemberitahuan NIK. Surat penerbitan tersebut, katanya akan disampaikan kepada warga melalui kelurahan setempat. “ Saat ini surat penerbitan itu sedang dicetak, diharapkan bulan Maret mendatang sudah selesai semua” ujarnya di Depok, Senin (24/1).

Yulis menambahkan, setelah warga Depok menerima surat tersebut, agar segera menceknya kembali. Dan masih diberi kesempatan untuk melakukan ralat bila terjadi kesalahan dalam penulisan tanggal, bulan dan tahun kelahiran serta yang belum terdaftar dalam adminitrasi kependudukan.

NIK di Kota Depok terdiri dari 16 digit sebagai berikut :

Contoh NIK :      32 76 01 07 12 64 0013

32 = Propinsi Jawa Barat

76 = Kota Depok

01 = Kecamatan Panmas

07 = Tanggal lahir untuk pria, bila untuk wanita tanggal lahir ditambah 40

12 = Bulan kelahiran

64 = Tahun kelahiran

0013 = Nomor induk

“ NIK ini selalu melekat pada si pemilik, jadi seandainya ada penduduk Kota Depok yang kemudian pindah ke daerah lain, misalnya Jakarta, maka NIK itu akan tetap sama” ungkapnya.

Lebih lanjut, penerbitan NIK setelah warga masyarakat mengisi biodata penduduk per keluarga (F-1.01) dengan tujuan tidak adanya NIK ganda yang memungkinkan KTP ganda.

Sedangkan untuk nomor Kartu Keluarga juga terdiri dari 16 digit sebagai berikut :

Contoh No KK    : 32 76 01 04 02 09 0073

`                               32 = Propinsi Jawa Barat

76 = Kota Depok

01 = Kecamatan Panmas

04 = Tanggal entry data

02 = Bulan entry data

09 = Tahun entry data

0073 = Nomor induk

Yulis berharap agar masyarakat Depok bisa lebih peduli dan meneliti bila surat NIK sudah diterima, sampai e-KTP bisa diterapkan dengan baik di Kota Depok.