logodepok Selamat Datang di Portal Berita Resmi Pemerintah Kota Depok, Cyber City, Kota ODNR dan ODNC logodepokDukung Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013 dengan STOP MEROKOK, DEMI KESEHATAN KITA logodepokVISI KOTA DEPOK TAHUN 2011 s/d 2016: Terwujudnya Kota Depok Yang Maju dan Sejahteralogodepok Sukseskan Gerakan ODNR Untuk Wujudkan Ketahanan Pangan NasionallogodepokSukseskan Gerakan ODNC Sebagai Upaya Penghematan BBM logodepokMari Berhemat Air, Untuk Menjaga Ketersediaannya Di Musim KemaraulogodepokKenali Tetangga Terdekat Anda, Agar Terjaga Keharmonisan dan Keamanan Bersama logodepok Anda Pendatang Baru ? Laporkan Diri Anda Ke RT/RW Setempat Max. 2x24 Jam logodepok Gunakan Internet Dengan Aman, Bijak dan Bermanfaatlogodepok Sayangi Anak-Anak Kita, Jauhkan Mereka Dari Tindak Kekerasan logodepok Segera Baliknamakan Kendaraan Bermotor Anda Sekarang Juga logodepok Cek Dokumen Perizinan, Ceknomorpendaftaran SMS ke 08119593477logodepok Mari Kita Sukseskan Program Andalan Kota Depok Menjadi 1.Kota Layak Anak, 2.Kota Bersih dan Hijau, 3.Kota Tertib dan Unggul dan 4.Cyber City logodepok Gerakan Satu Hari Tanpa Nasi (ODNR) setiap Hari Selasa adalah Untuk Meningkatkan Ketahanan dan Stabilitas Panganan Lokal logodepok Sesuai Peraturan Daerah Jawa Barat No. 13 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, PAJAK PROGRESIF (bertingkat) akan diberlakukan mulai tgl 1 Januari 2012 logodepok Segera Melapor ke Samsat terdekat bila terjadi Peralihan Kepemilikan Kendaraan Bermotor Anda logodepok Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di www.dispenda.jabarprov.go.id atau hubungi kantor SAMSAT terdekat logodepok SPPT PBB Tahun 2012 Sudah Dapat Diambil di Masing-masing Kelurahan dan RT Setempat logodepok NJOP Lebih Kecil Dari 1 Milyar Tarifnya 0.125 %, sedangkan NJOP Lebih Besar Dari 1 Milyar Tarifnya 0.25 %logodepok

Dinas Perhubungan Terima Perwakilan Pengunjuk Rasa Trayek Angkutan Umum P 01

Menanggapi berita media yang akhir-akhir ini terkait maraknya aksi demo angkutan umum khususnya dari trayek P 01 Cileungsi – Cisalak (Angkutan Kota Dalam Propinsi) yang menuntut adanya perpanjangan layanan trayek, yang semula dari Cileungsi – Cisalak,  menjadi Cileungsi – Cisalak – Terminal Depok atau Cileungsi – Cisalak – Simpang Margonda/Juanda melalui Jl. Juanda berputar di depan Hotel Bumi Wiyata.

Trayek P 01 merupakan trayek antar kota dalam propinsi Jawa Barat (AKDP) yang kewenangan ijinnya diterbitkan oleh Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat, setelah mendapat rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kota Depok dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor. Jumlah angkutan umum pada trayek ini disepakati sebanyak 20 unit, terdiri dari 10 unit dari rekomendasi Kota Depok dan 10 unit dari rekomendasi Kabupaten Bogor.

Aksi Demo angkutan umum yang terjadi pada tanggal 19 April 2012 di kantor Dinas Perhubungan Kota Depok dilakukan oleh Koalisi Kebangsaan yang mengatasnamakan gabungan beberapa LSM di Kota Depok serta perwakilan pengemudi angkot P 01.  Tuntutan yang diusung pada saat demo tersebut merupakan tuntutan lama,  tuntutan yang sama pernah dimunculkan beberapa tahun yang lalu, dimana pada demo terdahulu permohonan itu tidak dapat diterima, dengan pertimbangan bahwa lintasan trayek yang dimohon melintasi Jalan Juanda yang merupakan jalan nasional, dimana berdasarkan rencana system transformasi Jabodetabek, jalan juanda merupakan salah satu lintasan yang akan dilayani oleh kendaraan angkutan massal jenis bis sedang dan besar, dan tidak diarahkan untuk angkutan umum jenis bis kecil (angkot). Hal ini juga ditegaskan oleh surat dari Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Barat nomor : 551.21/1141/KD-ANGK tanggal 21 Maret 2007 dan Nomor : 551.21/499/KD-ANGK tanggal 28 Maret yang menegaskan bahwa Lintasan Trayek P01 : Kota Depok (Cisalak) – Kab. Bogor (Cileungsi) sebagai berikut :
”Kota Depok (Cisalak)–Jl. Ry. Bogor – Jl.Sinar Matahari (Pekapuran) – Jl. Kapitan – Jl. Putri Tunggal-  Jl. Bungur – Jl. Tumaritis – Jl. Pringgodani – Jl. Raya Cibubur –  Kab. Bogor (Cileungsi) PP ”.

Pada kesempatan tersebut pihak Dishub yang didampingi Polres Metro Depok menerima perwakilan pengunjukrasa untuk berdiskusi secara terbuka. Hal-hal yang menjadi pertimbangan objektif Dishub untuk tidak dapat memenuhi keinginan pendemo tersebut antara lain :

  1. Kondisi lalu lintas di sepanjang Jalan Margonda – Terminal, saat ini sudah sangat padat.
  2. Terminal Kota Depok sendiri kapasitasnya sudah tidak memadai.
  3. Jalan Ir. H. Juanda akan diarahkan bagi pengalihan – pengalihan trayek yang ada dan bukan trayek baru.
  4. Pemerintah Kota Depok sendiri sedang melakukan kajian re-routing angkutan umum untuk memecah  konsentrasi lintasan angkutan umum sepanjang Margonda Raya.
  5. Terminal terpadu sedang dalam proses optimalisasi sehingga diperlukan penataan kembali  dengan mengalihkan jalur angkutan arah barat melalui jalan sejajar rel.
  6. Pemerintah Kota Depok saat ini sedang mengupayakan percepatan Terminal Tipe A Jatijajar, sebagai upaya mengurangi beban Jalan Margonda Raya dan Terminal Terpadu.

Pada kesempatan ini disampaikan pula keluhan trayek D 01 terhadap trayek D 04 yang dianggap melakukan pelanggaran trayek di Jl. Mangga. Untuk itu pihak Dishub Kota Depok berjanji akan melakukan penempatan petugas dilapangan untuk mengantisipasi hal tersebut. Selain itu pihak Dishub Kota Depok juga sedang melakukan penataan trayek pada Jl. Arief Rahman Hakim, Jl. Nusantara Raya dan Jl. Dewi Sartika dalam rangka pemanfaatan jalan sejajar rel. Selama proses transisi penataan trayek arah barat dilakukan, dan untuk menghindari persinggungan antar trayek, akan dilakukan penempatan petugas pada jalur persinggungan yang sering disalahgunakan dan kerap menimbulkan permasalahan.

Tags: 
Ikuti komentar tulisan ini melalui RSS

Satu komentar

  1. Juanda memang perlu Angkotan umum, jangan cuma dimonopoli ojek. Sebagian P01 sebaiknya melayani Cibubur Junction – Stasiun Pocin, juga 79 sebaiknya sebagian melayani Cibubur junction – Stasiun Pocin

Tanggapan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang harus diisi bertanda *

*
*