Seperti biasanya dalam rangka pembinaan mental spiritual pegawai di lingkungan Pegawai Negeri Sipil (PNSD) Kota Depok tiap hari Rabu diselengarakan pengajian rutin. Pada hari ini tanggal 25 Mei 2010 pengajian dihadiri oleh beberapa pejabat eselon IV , III dan II dan nampak Sekda Hj. Ety Suryahati, namun sayang tak diikuti oleh staff yang lainnya sehingga mesjid yang luas terasa sangat luas karena peserta pengajian tak memadati ruangan alias sepi.

Materi pengajian pagi ini sebenarnya sangat menarik untuk disimak karena menyangkut pendidikan untuk mewujudkan manusia yang jujur. Untuk menciptakan manusia yang jujur memang butuh proses diantaranya adalah adanya mutaba’ah (kontrol) . Rosulullah SAW senantiasa menayakan apa yang telah dilaksanakan sahabatnya misalnya pernah menayakan siapa yang sudah melakukan silaturahmi pagi ini maka Abu Bakarlah yang menjawab ” saya ya Rosul” , kemudian ditanya lagi siapa yang telah melawat orang sakit maka Abu Bakar megatakan ” saya Ya Rosul” , kemudian ditanyakan kembali siapa yang telah berinfaq pagi ini maka Abu Bakarlah yang mengaku telah melakukan hal tersebut. Pertanyaan ini dilontarkan saat waktu pagi selepas sholat subuh .
Kalau kita perhatikan maka sesungguhnya Rosulullah SAW ternyata telah melakukan motivasi dan proses pendidikan menuju manusia yang jujur maka tak heran salah satu hasil didikan beliau tumbuh karakter orang orang tang yang jujur seperti Abu Bakar As- Shidiq artinya Abu Bakar yang Jujur.
Tulisan ini merupakan salah satu hasil yang penulis dapatkan dengan sedikit modivikasi semoga memotivasi PNSD yang berada di Balaikota yang tidak dinas luar dan memiliki waktu luang agar dapat hadir tiap Rabu di Masjid Baitul Kamal selepas Apel pagi. Tulisan ini juga diharapkan menjadikan gambaran bagi warga depok bahwa pemkot Depok senantiasa melakukan pembinaan kepada pegawainya disamping pembinaan dalam bentuk lainnya. Wallahu a’lam