Humas Protokol Setda Kota Depok
Press Release
Selasa, 28 Agustus 2012

Bertempat di aula lantai 1 Balaikota, Pengukuhan Dewan Pengurus KORPRI Unit Kota se-Kota Depok Periode 2012 – 2015 diselenggarakan, Selasa (28/8). Pengukuhan berdasar Surat Keputusan No: 821.29/Kep02/DPK Kota/VI/2012 disaksikan oleh Walikota Depok H Nur Mahmudi Isma’il dan Wakil Walikota H M Idris Abdul Shomad serta dihadiri oleh Pengurus KORPRI Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kota Depok beserta Kepala OPD, Muspida dan Instansi Vertikal di Kota Depok, Ketua TP PKK Kota Depok, Dharmawanita, dan anggota KORPRI. Selain pengukuhan, pengucapan Ikrar Memilah & Menanam juga diucapkan oleh seluruh Dewan Pengurus KORPRI.

“Ikrar ini merupakan ketetapan hati dari sebuah gerakan memilah dan menanam untuk menuju Kota Depok Bersih & Hijau.  untuk mendukung kegiatan dan program. Anggota KORPRI yang saat ini kurang lebih ada 8000 orang, diharapkan akan turut andil dalam gerakan tersebut. Semua harus siap untuk menjadi contoh bagi masyarakat, karena gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dalam menjaga keasrian dan kebersihan kota, dengan cara memilah, menanam, dan membuat lubang biopori ” ujar Sekretaris Daerah Etty Suryahati yang juga Ketua Dewan Pengurus KORPRI seraya berharap seluruh keluarga besar KORPRI dapat membuat lubang biopori dilingkungan rumahnya masing-masing dan mengajak warga sekitarnya untuk turut melakukan hal yang sama, minimal ajak 10 rumah kedepan, kebelakang, kekiri, dan kekanan.

Ikrar ini tidak hanya sebatas ceremonial saja, tapi sebagai langkah awal untuk suksesnya Depok Bersih & Hijau. Dibulan November mendatang, akan ada kunjungan kerumah-rumah untuk mengecek apakah benar-benar ada biopori atau tidak dan akan mengadakan lomba kebersihan anatr anggota KORPRI yang berhadiah 1 ekor kambing, kata Etty. “Jalankanlah gerakan memilah & menanam dengan sungguh-sungguh agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat” pinta Ketua Dewan Pengurus KORPRI yang berharap KORPRI bisa tetap dan terus eksis serta dicintai oleh anggota dan masyarakat.

Pemimpin Kota Belimbing yang juga sebagai Penasehat KORPRI menyerahkan komposter kepada Ketua Dewan Pengurus KORPRI, Asisten Tata Praja, Asisten Ekbangsos secara simbolis sebagai bentuk keseriuasan untuk merealisasikan ikrar tersebut. “Komposter tersebut diletakkan dihalaman rumah masing-masing, seperti yang dikatakan bu Sekda, mulailah dari rumah sendiri dan ajak para tetangga untuk turut serta dalam gerakan ini” tutur Walikota yang juga siap untuk melakukan sidak   kerumah-rumah untuk melihat langsung apakah gerakan memilah, menanam, dan mengolah biopori sudah berjalan atau belum. Bila ikrar tersebut benar-benar bisa terealisasi, berarti tahun depan adipura bisa diraih. Pada dasarnya, adipura bisa diraih dengan mudah bila kita mencoba untuk memahami dan merealisasikan 3 hal, yaitu (1) Menjaga kebersihan udara; harus memiliki komitmen untuk mengurangi polusi, menjaga kebersihan, mengurangi volume-volume pencemaran udara, seperti membakar sampah. (2) Tidak menggunakan peralatan-peralatan yang menyebabkan polusi berlebihan. Gerakan ODNC merupakan salah satu cara untuk mengurangi emisi gas buang. (3) Memilah sampah, menjaga kebersihan & kehijauan;  tumbuhkan tekad untuk memilah dan menanam serta ajak masyarakat.

“Selamat kepada pengurus yang baru dikukuhkan dan terima kasih atas ikrar meilah & menanam yang telah diucapkan. Semoga semua program kerja KORPRI dapat dilaksanakan dengan baik demi suksesnya pembangunan di Kota Depok”  tutur Walikota seraya menambahkan KORPRI Depok harus menjalankan 5 Panca Prasetya KORPRI agar serta meminta untuk menghapal dan merealisasikan amanah yang tertera didalamnya. (ols)