cpns-bkdDalam rangka membantu kelancaraan pelaksanaan sebagian tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan, pejabat instansi pemerintah mengangkat tenaga tertentu sebagai tenaga honorer. Bahwa tenaga honorer yang telah lama bekerja dan atau tenaganya sangat dibutuhkan oleh Pemerintahan dan memenuhi syarat yang ditentukan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005, dapat diangkat menjadi CPNS.

Sejak ditetapkannya Peraturan Pemerintah ini, semua Pejabat Pembina Kepegawaian dan pejabat lain di lingkungan instansi, dilarang mengangkat tenaga honorer atau yang sejenis, kecuali ditetapkan dengan Peraturan Pemerintah. Tenaga Honorer Kategori I adalah yang penghasilannya dari APBD dan diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (Kepala Daerah). Masa kerja paling sedikit 1 tahun pada tanggal 31 Desember 2005 dan sampai saat ini masih bekerja secara terus menerus, berusia paling rendah 19 tahun dan tidak lebih dari 46 tahun pada tanggal 1 Januari 2006.

Berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Pusat atas pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer Menjadi CPNS, beberapa ketentuan mengenai batas usia dengan masa kerja, proses seleksi dan ketentuan lainnya, belum dapat menyelesaikan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS.

Tentang Pendataan Tenaga Honorer yang bekerja di lingkungan instansi Pemerintah Daerah. Pemerintah Kota Depok melakukan pendataan Tenaga Honorer untuk Kategori I dan Kategori II pada bulan Juli 2010. Pemerintah Kota Depok mengirimkan data jumlah dan nama-nama Tenaga Honorer Kategori I dengan rincian :

  • Tenaga Pendidikan : 320 orang
  • Tenaga Teknis         :   36 orang
  • Jumlah                      : 356 orang

Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012 ini diperuntukan untuk penjelasan mekanisme proses seleksi penerimaan Tenaga Honorer. Tambahan alokasi formasi CPNS tahun 2012 dari tenaga honorer, sebanyak 36 orang tenaga teknis. Pemberitahuan Tenaga Honorer Kategori I yang memenuhi kriteria sebanyak 36 orang. Penyampaian berkas usul penetapan NIP Tenaga Honorer Kategori I Formasi tahun 2012. Pengiriman draft nota persetujuan sebanyak 32 orang, tapi  4 orang gagal, karena : 1 orang meninggal dunia (Alm. Bayu Alamsyah Markat), 1 orang indisipliner (Samsuri), 1 orang pemberkasan terlambat (Supriadi) dan 1 orang tidak bisa menunjukan Ijazah (Satori Adian).

cpnsSurat perintah melaksanakan tugas bagi Tenaga Honorer Kategori 1 yang telah mendapatkan NIP sebanyak 32 orang. Pengangkatan dan pemberian SK dilaksanakan pada Selasa, 30 April 2013 di Aula Lantai 5, Balaikota Depok. Turut hadir Kepala Badan Kepegawaian Daerah Ir. Harry Prihanto, M.Eng dan Kepala Subbidang Data dan Formasi Pegawai Hendy Astriono.

“Saya sudah 8 tahun mengabdi untuk Kota Depok, dari tahun 2005 kita diangkat sebagai tenaga kontrak hingga hari ini akhirnya mendapat SK CPNS. Semoga dengan mendapatkan SK kita bisa lebih diakui dan kerja semakin total untu Kota Depok ,“ ujar Gugun Gunawan salah satu pegawai di Badan Lingkungan Hidup, Dinas yang menangani Adipura dan Adiwiyata. (Diskominfo/Feny)

Daftar Nama Tenaga Honorer K1 yang diangkat jadi CPNS:
cpns honorer revisi

Perwakilan CPNS sedang diberikan SK secara simbolik oleh ibu Sekda pada Apel pagi Selasa, 30 April 2013

Perwakilan CPNS sedang diberikan SK secara simbolik oleh ibu Sekda pada Apel pagi Selasa, 30 April 2013

Elis Sartika, CPNS Kec. Sawangan sedang disematkan nametag oleh Ibu Sekda

Elis Sartika, CPNS Kec. Sawangan sedang disematkan nametag oleh Ibu Sekda

Gugun Gunawan, CPNS Badan Lingkungan Hidup Kota Depok sedang disematkan nametag oleh Ibu Sekda

Gugun Gunawan, CPNS Badan Lingkungan Hidup Kota Depok sedang disematkan nametag oleh Ibu Sekda

Ibu Sekda dalam sambutannya pada Apel Pagi, Selasa, 30 April 2013 mengingatkan agar tenaga kontrak yang telah mendapatkan SK CPNS meningkatkan kinerjanya, serta lebih maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.