Kota Depok kembali mengukir sebuah prestasi dan sejarah. Dua perwakilannya berhasil meraih juara dalam lomba Guru/Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Nasional bulan Agustus lalu.

Listiyawati, S.Pd.Bio, guru SMPN 6 Depok Juara II guru berpretasi SMP, sedangkan M.Taufiqurrahman, SS Kepala Sekolah TK Tunas Global Depok menjadi Juara III Kepala Sekolah berprestasi tingkat nasional. Keduanya telah mengharumkan nama Kota Depok dan prestasi tersebut sebagai hadiah bagi Walikota Depok, H. Nur Mahmudi Isma’il dan semua masyarakat Kota Depok atas dukungan, komitmen dan konsistensinya pada bidang pendidikan.

Menurut Taufik saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/9), awalnya dia mendapat informasi bahwa akan ada pemilihan Kepala TK berprestasi di rapat bulanan IGTKI – PGRI di kantor UPTD Pendidikan Kec.Pancoran Mas. Keikut sertaannya tidak sia-sia, ia lolos menjadi Juara I tingkat kota, kemudian meraih Juara I di tingkat provinsi. Untuk tingkat nasional, Taufik mewakili provinsi Jawa Barat dan harus bersaing dengan 33 provinsi lain dan mendapat juara  III.

Bapak kelahiran Sampang 29 tahun lalu ini mengatakan, karya tulisnya yang berjudul “ Mengembangkan karakter anak usia dini melalui program parenting” mendapatkan nilai tertinggi. Ia menilai bahwa pendidikan anak usia dini harus menjadi perhatian semua elemen, baik itu pemerintah, orang tua maupun lingkungan.

“Pemerintah pusat maupun daerah harus dapat memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan anak usia dini, karena nasib bangsa ditentukan oleh arah dan pola pendidikan ini” kata pria berkaca mata, yang punya keinginan untuk mengabdi menjadi PNS di Kota Depok ini.

Secara terpisah, Listiyawati merasa bersyukur telah bisa memberikan yang terbaik bagi Depok. “Dengan menjadi guru serta mendapatkan prestasi adalah keinginan untuk berbakti meneruskan cita-cita ayah (almarhum) yang ingin menjadi guru terbaik dan bermanfaat bagi banyak orang” ucap ibu kelahiran Bantul 40 tahun lalu.

Adapun prestasi ibu dari Ita Amalia Hapsari dan Adnan Sulistyo ini diantaranya adalah Juara I Kategori IPA Non-CTL Simposium Guru (2005), Juara 2 Lomba Guru Berprestasi Kota Depok (2005), Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Provinsi (2006), Juara 3 Lomba Inovasi Media Pembelajaran Provinsi (2007), Juara 1 Lomba Guru Berprestasi SMP Tingkat Kota (2010), Juara 1 Lomba Guru Berprestasi SMP Tingkat Provinsi (2010) dan yang terakhir Juara 2 Lomba Guru Berprestasi SMP tingkat Nasional (2010).

Sebagai warga Depok yang juga dikenal sebagai kota pendidikan, kita patut memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi keduanya. Mudah-mudahan semakin banyak Lis dan Taufik yang berprestasi di masa mendatang.