PDAMedit

Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Ee Sulaeman saat ditemui jurnalis Diskominfo di ruang kerjanya.

depok.go.id – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok optimis akan memenuhi target tahun 2020 sebesar 35 persen.

Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Ee Sulaeman mengatakan, untuk target 35 persen pada tahun 2020 berasal dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok dimana target 35 persen pendudduk  Kota Depok harus terakses air bersih dari PDAM.

“Untuk target 35 persen tersebut, PDAM membutuhkan penambahan sekitar 120.000 langganan,”katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (01/02/2017).

Maka, sambungnya, pada tahun 2020 pelanggan di Kota Depok harus mencapai 174.000 pelanggan. Sementara saat ini baru sekitar 54.000 pelanggan. Selain itu, Sulaeman menuturkan, untuk pemenuhan ketersediaan layanan PDAM, dibutuhkan penambahan infrastruktur seperti air baku, instalasi pengolahan air, jaringan pipa dan penunjang lainnya.

“Mudah mudahan tercapai target pada tahun 2019-2020 sebesar 35 persen. Debit air yg diperlukan untuk mencapai 174.000 pelanggan adalah 2.100 liter/detik saat ini telah tersedia 1.100 liter/detik sehingga diperlukan penambahan  sekitar 1000 liter/detik ungkapnya.

Selain itu, upaya pencapaian target sebesar 35 persen didukung oleh adanya regulasi Pemerintah Kota Depok yg menerbitkan Peraturan Daerah tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dimana untuk bangunan baru seperti setiap pemukiman/perumahan, perkantoran, rumah sakit, apartemen atau pusat bisnis yang dibangun di Depok harus memanfaatkan air dari PDAM.

“Semoga Perda IMB tersebut semakin tersosialisasi kepada pengembang dan masyarakat. Agar pemanfaatan air tanah dapat tercegah dan semakin berkurang,”tuturnya.

Saat ini PDAM Tirta Asasta sedang gencar-gencarnya menjalankan program pemasangan sambungan saluran bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Program tersebut sudah mencapai 1500 calon peelanggan pada tahap pertama dan Februari 2017 ditargetkan dapat mencapai 3000.

“Kita juga sudah mulai bekerja sama (MoU) dengan beberapa pengembang di Kota Depok, untuk mencapai target 12.500 pelanggan baru di Tahun ini,”ucapnya.

Dia pun tetap berupaya meningkatkan pergantian jaringan pipa air yang sudah tua, dengan melakukan revitalisasi, dengan menggunakan penambahan penyertaan modal melalui APBD Kota Depok.

Kebijakan pemberian Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) Kota Depok kepada PDAM Tirta Asasta sudah tertuang dalam Perda Nomor 3 Tahun 2016 tentang Penanaman Penyertaan Modal Pemerintah Kota Depok kepada PDAM Tirta Asasta sebesar Rp 499 miliar.

 

Penulis: Janet Swastika

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Diskominfo

 

Bagikan post melalui :