Laundry

Foto Komunitas Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia (HIPLI) Depok

depok.go.id– Komunitas menjadi komponen penting pembangunan Kota Depok. Keberadaan komunitas yang sebagian besar berisi kalangan muda didorong untuk berkontribusi positif untuk pembangunan Depok. Himpunan Pengusaha Laundry Indonesia (HIPLI) Depok menjadi salah satu komunitas yang mendukung berbagai program Pemkot Depok pada kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota Depok, Mohammad Idris dan Pradi Supriatna.

“Tujuan didirikan HIPLI adalah untuk kemajuan industri laundry di Depok. Selain juga kami para pelaku usaha laundry ingin bermanfaat bagi masyarakat, sekaligus menjadi mitra strategis Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,”kata Ketua HIPLI Kota Depok, Hendra Chairudin.

Lebih lanjut, ungkapnya, HIPLI berdiri pada tanggal 27 November 2015. Saat ini, anggotanya sekitar 50 pengusaha laundry di wilayah Depok. “Untuk omset yang dihasilkan anggota mencapai Rp 40 juta per bulan,” ucapnya.

Dia mengungkapkan, komunitas yang dibentuk bersama pengusaha laundry lainnya tersebut, tidak hanya sebagai tempat bagi pengusaha laundry yang sudsh membangun usaha saja. Melainkan juga HIPLI memberikan kesempatan dan menerima orang-orang atau calon pengusaha yang memiliki rencana membuka usaha laundry.

“Kami terbuka sekali, Insya Allah, nanti di bulan depan akan ada yang namanya Griya HIPLI. Jadi disitu kita memberikan informasi kepada siapapun yang ingin membuka usaha atau yang sudah memiliki usaha laundry. Kami akan berikan informasi tentang bisnis laundry dari nol hingga sudah berkembang,”paparnya.

Hendra menututkan, selama ini HIPLI turut bersinergi dengan Pemkot Depok. Karena pembekalai materi yang diberikan oleh komunitas tersebut kepada setiap orang yang bergabung, dapat memberikan inspirasi dan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki pengetahuan dibidang usaha laundry.

“Saya sangat menginginkan sekali dapat bekerja sama dengan Pemkot Depok. Serta memajukan Kota Depok,”ujarnya.

Dia pun berharap, agar anggota Komunitas beserta Depok semakin maju. Dan harapan lainnya adalah HIPLI dapat bersinergi dengan Pemkot Depok dalam memajukan ekonomi di Kota Depok. Terlebih dengan banyaknya usaha laundry yang dibuka akan membuka lapangan pekerjaan baru untuk warga Depok.

“Harapannya ingin sama-sama maju di usaha laundry. Terus membantu sinergi pemerintah untuk memajukan ekonomi yang ada di lingkungan. Salah satunya, karena kita adalah daerah migrasi, yang berpotensi sekali untuk usaha laundry. Banyak usaha-usaha laundry yang hanya buka lalu tutup, karena ketidakmapuan atau ketidaktauan mereka bertahan dalam bisnis laundry. Jadi di komunitas ini bagaikmana bisa bertahan dan terus berkembang,”tutup Hendra.

 

Penulis: Nurul Darojat

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

Diskominfo

Bagikan post melalui :