musrenbang cilodong

Wali Kota Depok memberi arahan musrenbang Kecamatan Cilodong, Rabu (1/2/17). (Foto : Bima/Diskominfo)

depok.go.id – Kecamatan Cilodong mendapat apresiasi dari Wali Kota Depok, Mohammad Idris, dalam hal laporan kinerja kecamatan di tingkat pemerintah pusat. Laporan kinerja Kecamatan Cilodong memang pantas diapresiasi, karena nilainya naik menjadi 36,15. Berkat capaian ini, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kecamatan Cilodong juga ikut terangkat.

Saat ini, kata Mohammad Idris, Kecamatan Cilodong naik status dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya mendapat nilai D, kini menjadi C.

“Nilai IPM Kecamatan Cilodong 78,41, naik secara nilai. Cilodong menempati urutan 4 se-Kota Depok,” ujarnya, Rabu (01/02/2017).

Bekal kenaikan ini, kata Mohammad Idris, juga harus dibarengi dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas program kegiatan di tingkat kecamatan yang sebelumnya sudah diusulkan melalui tingkat kelurahan.

Mohammad Idris menambahkan, Musrenbang ini difungsikan untuk bersinergi dan menyepakati agar program-program yang dianggap prioritas. Sehingga harapan-harapan warga terhadap pemerintah bisa diprioritaskan.

Menurutnya, orientasi anggaran dari pelaksanaan kegiatan di Pemerintah Kota Depok adalah pemerataan pembangunan, bukan membagi-bagi anggaran. Karena itu, kecamatan atau kelurahan yang terbelakang akan mendapatkan anggaran lebih banyak, sehingga pembangunan di daerah tersebut manjadi maju.

“Kami menantang para camat untuk membuat program kegiatan pembangunan yang dapat meningkatkan IPM daerahnya masing-masing,” tegasnya.

Terkait Musrenbang kali ini, fokus bahasan menitikberatkan kepada pemberdayaan SDM, khususnya pemuda. Walaupun pengembangan kepemudaan tidak masuk dalam program unggulan Pemkot Depok, tapi tetap menjadi perhatian Pemerintah Kota Depok. Terlebih, 67 persen warga Depok adalah pemuda.

“Pemerintah bertekad untuk membuat program pembangunan, baik dari infrastruktur maupun peningkatan sumber daya kepemudaan,” ucapnya.

Penulis : Agus
Editor: Dunih dan Yulia Shoim

Diskominfo

Bagikan post melalui :