marenos

TUNJUKKAN: Pemilik UMKM Marenos, Eka Novianita (kanan) menunjukkan produk jualannya. (Foto: Afifah/Diskominfo)

depok.go.id- Berbagai program Pemerintah Kota (Pemkot) Depok untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sangat diapresiasi pelaku UMKM. Salah satunya dari warga Kelurahan Cilangkap, Eka Novianita yang memiliki UMKM Marenos. Dirinya merasa senang langkah aktif pemerintah untuk mengayomi UMKM di Depok.

“Saya senang karena Pemerintah Kota melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) sudah peduli dengan para pelaku UMKM Depok. Sebab, DKUM Kota Depok sering memberikan pelatihan dan kemudahan untuk mendapat ijin usaha,” ujarnya kepada depok.go.id, Jumat (31/03/2017).

Eka mengatakan pemerintah memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan ekonomi masyarakat. Terlebih, kini UMKM di Kota Depok sudah cukup banyak.

“Merupakan hal yang sangat potensial, karena melalui UMKM kita bisa membangun pilar ekonomi dari dasar, masyarakat bisa lebih mandiri, karena lapangan pekerjaan tersedia di lingkungan rumah,” tuturnya.

Dikatakannya, usaha miliknya yang memproduksi aneka cake, roti, kue basah, kue kering, dan donat itu dirintis sejak tahun 2013. Dengan modal awal yang tidak sampai Rp. 100 ribu, saat ini dirinya bisa meraup omset hingga Rp. 4 juta dalam sebulan.

“Saya mulai berjualan di depan rumah sesuai pesanan tetangga dan teman dekat hingga kini saya sering mengikuti kegiatan bazar,” ucapnya.

Eka berharap ke depan, UMKM yang ada di Depok bisa semakin saling bersinergi. Karena dampaknya akan luar biasa jika semua pelaku UMKM bersatu.

“Tentunya akan meningkatkan ekonomi Kota Depok dan pengangguran bisa berkurang. Semakin sedikit pengangguran maka juga akan mengurangi tingkat kriminalitas. Intinya banyak manfaat yang bisa dirasakan,” tutupnya.

Penulis: Nur Afifah

Editor: Retno Yulianti dan Rita Nurlita

 

Bagikan post melalui :