depok.go.id – Generasi yang maju adalah generasi yang mampu menjunjung tinggi keberadaan budaya di negaranya. Terlebih di Indonesia yang memiliki beragam kebudayaan. Dalam hal ini, Komunitas Depok Stars Crew merupakan salah satu komunitas yang berhasil memadukan tarian tradisional pada penampilan aksi freestyle-nya.

“Kami ingin memajukan ragam kultur yang ada di Indonesia, dan tari tradisional yang kita pakai saat menampilkan freestyle,” tutur anggota Komunitas Depok Stars Crew, Miyo Mika Septiani usai melakukan audiensi dengan Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad di ruang kerjanya, Senin (01/06/2015).

Wanita yang berprofesi sebagai asisten perawat ini mengaku kerap mengalami kesulitan saat mengombinasikan tarian tradisional dengan aksi freestyle. Pasalnya, Ia harus mampu menyesuaikan lagu dengan tempo gerakan.

“Kesulitan itu pasti ada, karena jarang dilakukan. Terpenting harus bisa mengatur gerakan agar dapat terlihat menarik,” tambah player dari Sanggar Kurnia Budaya, Cimanggis, Depok tersebut.

Pada penampilannya, Miyo telah mengolaborasikan penampilannya dengan beberapa tarian dari berbagai daerah di Indonesia. Tarian yang pernah digabungkan di antaranya Tari Saman, Tari Bali, tari dari Betawi, ataupun tari asal Jawa Tengah.

Terakhir, wanita yang pernah mewakili Depok pada Karnaval Seni di Bandung  tersebut berharap ke depannya para komunitas dapat menghasilkan kreatifitas baru. Tentunya dengan mengusung berbagai budaya yang ada.

“Kalau bisa seluruh komunitas dapat lebih berkarya, agar kebudayaan bangsa yang kita miliki semakin terlihat,” tutup Miyo. (Indri Purnama/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :