depok.go.id – Bagi sebagian Lansia, menyeberang jalan kerap kali menjadi sebuah masalah. Bagaimana tidak, lalu lalang kendaraan yang padat menjadi faktor utama sulitnya Lansia meminta hak mereka. Jembatan penyeberangan juga tidak menjadi solusi, karena tenaganya tidak cukup kuat untuk menaiki anak tangga di usianya yang sudah renta.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Walikota Depok, Nur Mahmudi Isma’il didampingi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok meresmikan penggunaan lampu penyeberangan khusus Lansia, ibu hamil dan difabel, Sabtu lalu (30/05/15) di depan kantor Balai Kota Depok.

Kepala Dishub Kota Depok, Gandara Budiana mengaku peresmian ini merupakan sebuah penghormatan kepada Lansia agar lebih mudah menyeberang jalan. Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terhadap Lansia, ibu hamil dan difabel.

“Silahkan manfaatkan fasilitas yang sudah kita sediakan, yang sehat dimohon untuk menggunakan jembatan penyeberangan. Sementara Lansia, ibu hamil dan difabel bisa gunakan zebra cross khusus,” himbaunya.

Agar zebra cross tidak digunakan oleh masyarakat sehat, Dishub meminta bantuan media cetak maupun elektronik untuk mensosialisasikan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa zebra cross yang dibuat ini adalah khusus Lansia, ibu hamil dan difabel.

“Selain itu, petugas Dishub bekerjasama dengan satpol PP akan memonitor dan berjaga di sekitar lokasi. Jika ditemukan adanya pelanggar, maka akan kita tegur bahkan bisa ditindak pidanakan,” tegas Gandara.

Senada dengan itu, Nur Mahmudi Isma’il selaku Walikota Depok mengatakan bahwa penyeberangan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah kepada Lansia. Dirinya juga berharap tempat penyeberangan ini dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Jika zebra cross ini berfungsi dengan baik, insya Allah akan kita tambah di beberapa titik. Bagi pengguna jalan lain, mohon dimaklumi, kita bukan mau menghambat, tapi memperbaiki pelayanan untuk Lansia, ibu hamil dan difabel,” tuturnya. (Vidyanita/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :