depok.go.id – Puluhan warga binaan di lokasi Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera atau biasa disingkat P2WKSS, Senin (1/06/2015) pagi menghadiri rumah RW. 07 Kecamatan Cipayung untuk mengikuti Tarhib Ramadhan yang diadakan oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok.

Nur Azizah Tamhid selaku ketua TP PKK Kota Depok, turut mengisi acara yang bertajuk meningkatkan amaliah Ramadhan ini.

Dalam tausiyahnya, Nur Azizah Tamhid membahas makna “Tarhib Ramadhan” atau menyambut bulan Ramadhan dengan kata Marhaban ya Ramadhan, di mana berasal dari kata Rabh yang artinya luas atau lapang. Jadi, Marhaban artinya menerima seluas-luasnya dengan gembira bulan Ramadhan.

Dirinya juga mengatakan, dalam menyambut Ramadhan tahun ini, harus mempersiapkan diri dengan hati, pengetahuan, dan fisik yang kuat.

“Dengan menyiapkan Ramadhan dari sekarang, insya Allah akan meraih kesuksesan di bulan penuh ampunan ini,” ujar Nur Azizah.

Wanita yang juga dikenal dengan Bunda PAUD Kota Depok itu menerangkan banyaknya keutamaan dalam bulan Ramadhan. Adapun di antara keistimewaan itu bahwa di bulan Ramadhan ialah bulan yang di dalamnya turun Al-quran. Selanjutnya, Ia juga menjelaskan bahwa bulan Ramadhan juga dikenal dengan bulan jihad atau perjuangan, bulan kemuliaan, dan bulan ampunan dari dosa.

Dikemukaan pula olehnya kalau di dalam bulan Ramadhan terdapat keutamaan malam lailatul qadar. Malam ini merupakan malam istimewa, di mana pada malam tersebut merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu pula waktu yang tepat untuk terkabulnya doa.

“Dalam malam-malam ganjil di bulan Ramadhan ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, untuk meraih malam itu perbanyak ibadah dan doa kepada Allah SWT agar kita bisa meraih malam spesial itu,” tutupnya. (Nurul Hasanah/Ed: Fahrudin Mualim – Diskominfo)

Bagikan post melalui :