depok.go.id – Lomba Ketahanan Keluarga tingkat Kota Depok yang dilaksanakan sejak minggu lalu selain untuk mencari pemenang untuk menjadi perwakilan ke Provinsi, juga menjadi ajang untuk mengevaluasi kinerja Kader Bina Keluarga Remaja (BKR), Kader Bina Keluarga Lansia (BKL), dan juga Kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang ada di tiap kecamatan Kota Depok. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Keluarga Sejahtera, Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK), Lizanova yang menjadi juri dalam lomba tersebut.

“Lomba ini juga menjadi bahan evaluasi dan implementasi terhadap delapan fungsi keluarga di tiap wilayah,” ujar Lizanova.

Delapan fungsi tersebut yaitu fungsi keagamaan, fungsi sosial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi pelestarian lingkungan. Kedelapan fungsi tersebut dikatakan dapat berjalan baik jika Para Kader tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik di tiap wilayahnya.

“Kita ini mencari Kader terbaik, maka kita juga harus liat di lingkungannya apakah kedelapan fungsi keluarga tersebut berjalan baik juga atau tidak,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, jika di tiap wilayahnya dilihat tidak berjalan dengan baik, maka ini juga menjadi pekerjaan rumah untuk Pemkot untuk meningkatkan kualitas kader-kader tersebut. Evaluasi diperlukan mengingat bahwa ketahanan keluarga merupakan salah satu fokus utama pemerintah Kota Depok.

“Ketahanan keluarga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas masyarakat Depok sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut, Liza mengatakan, pihak Pemkot melalui  BPMK juga akan memberikan pelatihan kepada Kader Bina Keluarga Remaja (BKR), Kader Bina Keluarga Lansia (BKL), dan juga Kader Bina Keluarga Balita (BKB) yang ada di tiap wilayah. Dengan begitu, diharapkan tiap keluarga di tiap wilayah bisa mendapatkan bekal dan pembinaan yang baik terhadap ketahanan di keluarganya.

“Untuk ketahanan keluarga kita akan lebih tingkatkan lagi, karena ini kan termasuk program Kota Depok,” tutupnya. (Rysko/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :