Pelatihan Tim PONEK

Pelatihan Tim Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Senin (1/8/2016)

depok.go.id – Upaya mengurangi angka kematian ibu dan bayi baru lahir, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melakukan Pelatihan Tim Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Senin (1/8/2016). Kegiatan tersebut melibatkan Tim PONEK dari tujuh rumah sakit di Kota Depok.

“Kami terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya pelayanan di Puskesmas Obstetri Neonatal Emergency Dasar (PONED) dan Rumah Sakit PONEK,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Noerzamanti Lies.

Dirinya menambahkan, bahwa pelatihan ini juga dimaksud untuk mewujudkan visi Kota Depok yaitu meningkatkan kualitas pelayanan publik yang profesional dan transparan. Selain itu, juga dilakukan agar tercapainya visi Dinkes Kota Depok yaitu terwujudnya Kota Depok yang sehat, religius, dan layanan kesehatan yang berkualitas dan merata.

Lebih lanjut, terkait jumlah angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok masih di bawah angka Jawa Barat dan Nasional. Namun, upaya terus dilakukan demi mendukung program Sustainable Development Goals (SGD’s) pada tahun 2030.

Dalam hal ini, Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok tersebut berharap para peserta yang telah mengikuti pelatihan dapat meningkatkan pelayanan kegawatdaruratan kesehatan ibu dan bayi baru lahir. Tentunya dengan fasilitas kesehatan serta peningkatan sistem rujukan yang efektif, efisien, berkualitas, aman, dan tidak terjadi keterlambatan penanganan kegawatdaruratan maternal neonatal.

“Semoga ini menjadi langkah awal bersama untuk meningkatkan fasilitas dan pelayanan dalam menyelamatkan ibu dan bayi saat proses kelahiran, sehingga jumlah angka kematiannya dapat terus menurun,” tambahnya.

Pelatihan Tim PONEK sendiri akan berlangsung selama lima hari, terhitung sejak tanggal 1 hingga 5 Agustus mendatang. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yaitu Tim PONEK RS dari Pusat Pelatihan Klinik Promer (P2KP) Muhammadiyah, Dr. Nasir.

Adapun rumah sakit yang mengikuti Pelatihan Tim PONEK antara lain RS Hermina Depok, RS Bhaktiyuda, RS Sentra Medika, RS Tumbuh Kembang, RS Hasanah Graha Afiah, RS Puri Cinere, dan RS Permata Depok.  (Indri/ Ed: Siti Rahma, Yulia S – Diskominfo)

Bagikan post melalui :