Kepala Diskominfo, Sidik Mulyono saat menyerahkan piagam penghargaan kepada salah satu pemenang lomba Depicta 2018 di Depok Mall, Sabtu (01/09). (Foto: Diskominfo)

depok.go.id- Depok Information and Communication Technology (ICT) Award (Depicta) 2018 yang diadakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok kembali melahirkan kreatif-kreatif muda dalam membangun konten yang positif melalui motion grafis dan video grafis. Dimana, pada ajang itu terdapat dua pemenang yang berasal dari kategori kelompok dan perorangan.

Untuk kategori kelompok dimenangkan oleh Framerate Studio dengan tema “Depok Legacy”. Sedangkan dari kategori perorangan dimenangkan oleh Raden Muhammad Dewa Sasongko dengan tema “Bangga Jadi Orang Depok.
Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Kota Depok, Rahmat Maulana mengatakan, para pemenang lomba Depicta 2018 berhak atas uang tunai, piagam penghargaan, dan sertifikat. Untuk kategori perorangan, juara I memperolah hadiah uang tunai senilai Rp 5 juta, juara II sebesar Rp 3 juta, juara III senilai Rp 2 juta.
“Sementara untuk kategori kelompok, juara I mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp 13 juta, juara II senilai Rp 8 juta, dan juara III senilai Rp 4 juta,” tutur Rahmat, sapaan akrabnya kepada depok.go.id usai menghadiri puncak acara Depicta 2018 di Depok Mall, Sabtu (01/09).
Dikatakannya, para pemenang lomba telah melalui berbagai seleksi yang dilakukan oleh tim juri. Adapun beberapa kriteria yang menjadi poin penilaian yaitu kesesuaian tema, ketepatan data dan informasi, ketepatan pemilihan sudut pandang, pemenuhan unsur 5W+1H, kemampuan menimbulkan efek positif, dan estetika.
Di tempat yang sama, juara I Depicta 2018 kategori perorangan, Raden Muhammad Dewa Sasongko (22) mengaku tidak menyangka keluar sebagai pemenang pada ajang tersebut. Pasalnya, dirinya harus bersaing dengan sembilan finalis lainnya yang memiliki keunggulan masing-masing.
“Saya membuat video grafis yang mengajak masyarakat di Kota Depok untuk ikut mengurangi kemacetan dengan beralih menggunakan angkutan umum. Karena saat ini sudah ada banyak perbaikan, sehingga membuat kita nyaman berada di Kota Depok,” ujarnya.
Dirinya menambahkan, saat ini Kota Depok juga telah memiliki aplikasi Sistem Terintegrasi untuk Aspirasi dan Pengaduan (SIGAP) yang memudahkan masyarakat untuk melaporkan berbagai kejadian maupun informasi. Dengan memiliki SIGAP, dapat meningkatkan keamanan bagi masyarakat.
“Saya ingin masyarakat di Kota Depok mengurangi menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke angkutan umum, sehingga kita merasa aman dan nyaman. Ditambah saat ini sudah ada aplikasi SIGAP yang bisa memudahkan kita melaporkan berbagai kejadian atau informasi yang ada di masyarakat,” tandasnya.
Untuk diketahui, berikut daftar pemenang lomba Depicta 2018 :
Kategori Kelompok :
Juara I Framerate Studio dengan tema “Depok Legacy”.
Juara II Multimedia Satu dengan tema “Ayo Pilah”.
Juara III Lingkungan 2D dengan tema “One Minute Depok Positive Vibes-Program Kota Depok”.
Kategori perorangan :
Juara I Raden Muhammad Dewa Sasongko dengan tema “Bangga Jadi Orang Depok”.
Juara II Nahla Naufan dengan tema “Depok Single Window”.
Juara III Siti Nur’ma dengan tema Depok Sigap “Smart Government”.
Penulis : Jose Marques
Editor : Retno Yulianti
Diskominfo
Bagikan post melalui :