Ratusan guru di Depok ikuti Bimtek Pendidikan Keluarga (Bindikel) di Balai Kota Depok, Selasa (01/09/2019). (Foto: Pipin/Diskominfo)

depok.go.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok memberikan sosialisasi tentang ketahanan keluarga kepada para pendidik. Kegiatan yang diikuti 400 guru di semua jenjang pendidikan digelar sebagai upaya mewujudkan program Kota Layak Anak (KLA).

“Dalam mewujudkan KLA harus bersinergi dengan berbagai elemen. Termasuk pihak sekolah dan guru. Karena itu, penting bagi mereka untuk mendapatkan Bimbingan Teknis (Bintek) ini,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Satibi usai Sosialisasi Bimbingan Pendidikan Keluarga (Bindikel) di Balai Kota Depok, Selasa (01/10/2019).

Dikatakannya, kegiatan digelar selama dua hari, untuk hari pertama difokuskan pada materi. Adapun pemateri Sosialisasi Bindikel antara lain, Ketua PAUD Depok, Elly Farida, Ketua Divisi Layanan Informasi dan Edukasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Harmoni, Hartuti dan Psikolog, Oktina Burlianti.

“Keesokan harinya, para pendidik diminta untuk membuat Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang akan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Layanan Informasi dan Edukasi Puspaga Harmoni, Hartuti membahas tentang cara mendidik anak di zaman sekarang. Menurutnya, dalam mendidik anak tidak bisa disamakan dengan apa yang dirasakan orang tua sebelumnya.

“Karena tantangan zaman sekarang berbeda dengan sebelumnya. Salah satunya dengan perkembangan teknologi gawai (gadget),” terangnya.

Ia berharap, setelah kegiatan ini para guru bisa memperkuat kelekatan interaksi dengan anak didiknya. Selain juga lebih mempererat hubungan dengan keluarganya masing-masing.

“Mudah-mudahan para guru bisa memperkuat kelekatan interaksi dengan anak didik dan keluarganya,” tutupnya.

Penulis: Pipin Nurullah

Editor: Retno Yulianti

Diskominfo

Bagikan post melalui :