Pelaksanaan Bimtek aplikasi Si Mpok , di di Aula Hotel Delaga Biru, Cipanas, Cianjur, 31 Oktober – 2 Nopember 2018. (Foto : Diskominfo)

depok.go.id -Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok terus berinovasi dalam mempermudah pengelolaan arsip di lingkungan Pemerintah Kota Depok. Melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kearsipan Kota Depok (Si Mpok), pengelolaan arsip di Kota Depok menjadi lebih rapi.

“Keberadaan aplikasi Si Mpok menjadi bagian penting penunjang keberhasilan Depok Smart City dan e-Government. Aplikasi ini diharapkan menjadi tolok ukur keberhasilan pemerintahan,” ujar Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah, Kamis (01/11/2018).

Siti menjelaskan, aplikasi Si Mpok merupakan modifikasi dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang digulirkan oleh Kantor Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yang disesuaikan dengan kebutuhan pengelolaan arsip di Pemerintah Kota Depok. Aplikasi tersebut difokuskan kepada pejabat struktural dan pengelola arsip di Pemerintah Kota Depok.

“Sosialisasi Si Mpok sudah kami lakukan melalui bimbingan teknis (bimtek) pertama beberapa hari lalu yang diikuti oleh 30 orang peserta, terdiri dari para sekretaris dinas dan pelaksana kearsipan lingkup Kota Depok. Insya Allah, akan dilakukan bimtek kedua pada 7-9 November 2018 mendatang,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, keberadaan aplikasi Si Mpok diharapkan dapat mempermudah seluruh Perangkat Daerah (PD) dalam penyimpanan arsip. Sebab, administrasi arsip adalah hal yang sangat penting, mengingat peran arsip sebagai sumber informasi, data, dan bahan bukti pertanggungjawaban terhadap generasi mendatang.

“Mudah-mudahan aplikasi Si Mpok dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dalam menunjang kinerja pengumpulan arsip di lingkungan Pemerintah Kota Depok,” ucapnya.

Penulis: Dian Afrianti Kunto
Editor: Dunih

Diskominfo

Bagikan post melalui :